Hagia Sophia

27 September 2023

Ini yang Bikin Perut Gendut Karena Kurang Tidur

Pakar kesehatan jantung, dr Dwita Rian Desandri, SpJP(K) (Foto: dok. screenshot detikHealth)

Selain kurang berolahraga dan lebih suka rebahan, kebiasaan begadang atau kurang tidur juga bisa memicu kegemukan. Selain karena begadang bisa meningkatkan minat untuk nyemil di malam hari, kondisi tersebut juga bisa dipicu gangguan metabolisme lemak.

"Pada saat kita tidur malam, metabolisme di dalam lemak kita itu bekerja," beber spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dwita Rian Desandri, SpJP(K) dalam Webinar World Heart Day 2023 di detikcom, Selasa (26/9/2023).

"Kalau kita bangun tengah malam atau kurang tidur, metabolisme lemak kita bisa terganggu sehingga kita akhirnya lebih gampang jadi gemuk, di samping memang kalau malam lebih gampang makan," lanjutnya.

Di samping itu, laman Healthline menjelaskan ketika seseorang kurang tidur, ada hormon yang terpantik untuk meningkatkan rasa lapar untuk mengonsumsi makanan, yakni ghrelin dan leptin. Hormon kortisol dapat meningkat bila tidak cukup tidur yang bisa memicu nafsu makan meningkat.

Kedua hormon, ghrelin dan leptin, akan terganggu kemampuannya dalam memberi sinyal lapar dan kenyang bagi tubuh. Ini sebabnya mereka yang hobi begadang lebih gampang nyemil di malam hari.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Oh Ternyata Ini Alasan Kurang Tidur Bisa Bikin Badan Gendut!"