Hagia Sophia

27 September 2023

Kebiasaan Sepele Ini Bisa Memicu Kerusakan Ginjal di Usia Muda

Foto: ilustrasi/thinkstock

Ginjal adalah organ tubuh yang berperan besar untuk menyaring racun agar tidak menumpuk di dalam tubuh. Ginjal juga memiliki fungsi untuk mengatur tekanan darah dan mengendalikan cairan.

Tanpa fungsi ginjal yang sehat, saraf, otot, dan jaringan lain di tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Namun ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata bisa memicu kerusakan ginjal di usia muda.

Kerusakan ginjal sering kali tidak disadari. Pasien baru mengeluhkan sejumlah gejala saat penyakit ginjal yang mereka alami sudah memasuki stadium lanjut.

Dikutip dari National Kidney Foundation, berikut sederet kebiasaan yang memicu ginjal rusak.

1. Kurang Minum Air Putih
Kurang mengonsumsi air putih bisa merusak fungsi ginjal. Oleh karena itu tetap terhidrasi bisa membantu ginjal untuk membersihkan kadar garam berlebih dan racun dari tubuh.

Disarankan minum air dalam jumlah yang cukup menjadi cara yang terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal. Untuk orang dewasa, disarankan untuk mengkonsumsi air 1,5 sampai 2 liter air per hari.

2. Sering Begadang
Kurang tidur dan sering begadang juga berpengaruh pada fungsi ginjal. Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya, fungsi ginjal salah satunya turut dikendalikan siklus bangun-tidur.

Jika kurang tidur berlangsung dalam waktu yang lama, beban kerja ginjal bisa terus bertambah, akibatnya bisa menyebabkan ginjal rusak.

3. Malas Gerak dan Sering Rebahan
Sedentary lifestyle yang ditandai dengan duduk dalam waktu lama dan malas bergerak juga bisa memicu gangguan ginjal. Sebuah penelitian dari University of Leicerster menemukan semakin lama waktu yang dihabiskan untuk duduk, makin besar pula risiko kerusakan ginjal yang dialami.

Bukan hanya merusak ginjal, tetapi malas gerak juga meningkatkan risiko kegemukan, diabetes mellitus tipe 2 serta gangguan jantung dan pembuluh darah.

4. Sering Menahan Pipis
Menahan kencing dapat menyebabkan batu ginjal terbentuk pada orang dengan riwayat kondisi tersebut atau pada mereka yang memiliki kandungan mineral tinggi dalam urine. Kebiasaan menahan pipis juga bisa memicu infeksi saluran kencing yang berpengaruh pada kesehatan ginjal.

5. Sering Konsumsi Makanan Olahan
Makanan olahan seperti sosis dan nugget yang dikonsumsi berlebihan bisa memicu kerusakan ginjal. Sebab makanan tersebut banyak mengandung natrium dan fosfor.

Banyak pasien ginjal yang harus membatasi asupan fosfor dalam makanannya. Di beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi pada makanan olahan bisa berbahaya bagi ginjal dan jantung.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bisa Rusak Ginjal di Usia Muda"