Hagia Sophia

05 October 2023

Suhu Terpanas dalam Sejarah, Jepang Catat Rekor Tertinggi Sejak 125 Tahun

Foto: AP/Shuji Kajiyama

Jepang mencatat rekor baru suhu terpanas di September, tertinggi sejak 125 tahun lalu. Badan cuaca setempat menyebut rata-rata di September cuaca terik mencapai 2,66 derajat Celcius lebih tinggi dari biasanya.

"Ini adalah angka tertinggi sejak dimulainya statistik pada tahun 1898," kata Badan Meteorologi Jepang pada (2/10/2023).

Tahun ini diperkirakan akan menjadi tahun terpanas dalam sejarah umat manusia seiring dengan semakin cepatnya perubahan iklim. Negara-negara seperti Austria, Perancis, Jerman, Polandia dan Swiss masing-masing mencatatkan rekor suhu terpanas pada bulan September.

Di seluruh Jepang bulan lalu, 100 dari 153 lokasi pengamatan memecahkan rekor suhu rata-rata, termasuk di Tokyo, dengan suhu tertinggi sepanjang masa sebesar 26,7 derajat Celcius, di Osaka dengan 27,9 derajat Celcius, dan di Nagoya dengan 27,3 derajat Celcius.

Lonjakan suhu rata-rata sebesar 2,66 derajat Celcius dinilai 'luar biasa'. "Bisa dengan mudah melampaui suhu tertinggi sebelumnya," kata pejabat badan cuaca Masayuki Hirai kepada AFP, Selasa.

"Kalau ini bukan suhu tinggi yang tidak normal, saya tidak tahu apa itu," katanya.

Otoritas cuaca Prancis, Meteo-France, mengatakan rata-rata suhu di negara itu juga pada bulan September akan berkisar di 21,5 derajat Celcius, antara 3,5 derajat Celcius dan 3,6 derajat Celcius di atas periode referensi tahun 1991 hingga 2020.

Inggris juga telah menyamai rekor suhu terpanas di bulan September sejak pencatatan dimulai pada tahun 1884.

"Suhu rata-rata global pada bulan Juni, Juli dan Agustus adalah 16,77 derajat Celcius, melampaui rekor sebelumnya di 2019," kata Copernicus Climate Change Service (C3S) Uni Eropa dalam sebuah laporan.

Pada bulan September, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa krisis iklim bak membuka pintu 'neraka'.

Dalam pidato pembukaannya di KTT Ambisi Iklim, Guterres menyinggung panas yang luar biasa tahun ini. "Kita masih bisa membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celcius," mengacu pada target yang dipandang perlu untuk menghindari perubahan iklim jangka panjang.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jepang Catat Rekor Suhu Terpanas dalam Sejarah, Tertinggi Sejak 125 Tahun Lalu"