Hagia Sophia

08 November 2023

Indonesia Akan Kirim Kapal RS ke Palestina untuk Bantu Warga Akibat Perang

Situasi di Gaza, Palestina (Foto: AP/Abed Khaled)

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menggelar pertemuan secara tertutup dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun, di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo mengatakan bahwa Indonesia telah menawarkan untuk mengirim kapal rumah sakit TNI ke Palestina. Dia juga sudah melapor ke Presiden Joko Widodo dan berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait pengiriman kapal rumah sakit ke Palestina itu.

"Saya menerima duta besar Palestina, kami telah membahas lebih mendalam rencana kita untuk mengirim kapal rumah sakit," kata Prabowo, dikutip dari laman Kementerian Pertahanan RI.

Prabowo menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan duta besar Mesir terkait prosedur pengirimannya. Juga, seluruh rumah sakit TNI secara terbuka menerima pasien-pasien di Gaza.

"Sebentar lagi saya akan koordinasi dengan duta besar Mesir untuk perincian bagaimana prosedur pengiriman kapal rumah sakit tersebut," tambahnya.

"Kami juga sudah menawarkan ke Palestina, semua rumah sakit TNI terbuka untuk pasien-pasien atau korban dari keadaan di Gaza. Itu pun sedang kami koordinasikan teknisnya bagaimana," ucapnya.

Selain membahas pengiriman kapal rumah sakit, Prabowo juga mengungkapkan Indonesia akan menerima 22 kadet dari Palestina untuk belajar di Universitas Pertahanan selama lima tahun.

"Besok malam (Selasa, 7/11), kami akan terima 22 kadet dari Palestina untuk masuk di Universitas Pertahanan. Mereka akan belajar di kita selama lima tahun untuk bidang-bidang yang mereka sangat butuhkan, seperti bidang kedokteran, teknik dan sebagainya," kata Prabowo.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "RI Siap Kirim Kapal RS ke Palestina, Bantu Warga yang Terluka Imbas Perang"