Hagia Sophia

08 November 2023

Beberapa Buah Ini Bisa Jadi Penurun Darah Tinggi

Ilustrasi hipertensi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Everyday better to do everything)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang dialami banyak orang, baik di dunia maupun Indonesia. Jika tidak ditangani, hipertensi dapat berkembang dan memicu sejumlah komplikasi yang lebih serius.

Dikutip dari Cleveland Clinic, hipertensi adalah kondisi ketika pembuluh darah mengalami penyumbatan atau penyempitan. Hipertensi sendiri merupakan salah satu faktor yang bisa memicu penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Karena itu, hipertensi harus ditangani sesegera mungkin agar tidak berkembang dan menimbulkan komplikasi. Untungnya, ada cara murah meriah untuk mengatasi hipertensi dan menurunkan tekanan darah, misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan.

Buah penurun hipertensi pun tidak sulit untuk didapat. Bahkan, beberapa mungkin cukup sering ditemukan saat berbelanja ke pasar atau supermarket. Lantas, apa saja sih buah penurun hipertensi yang paling ampuh?

1. Buah Sitrus atau Jeruk
Seluruh jenis buah jeruk, seperti lemon dan jeruk bali, memiliki kandungan nitrat dan flavonoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, mengonsumsi buah jenis jeruk juga bisa mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti hipertensi.

Tapi perlu diingat, buah jeruk dapat memengaruhi efisiensi obat penurun tekanan darah. Jadi, berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi buah asam tersebut ketika sedang menggunakan obat penurun tekanan darah.

2. Buah Beri-berian
Beri-berian mengandung senyawa anthocyanin dalam yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat. Kandungan ini dapat membantu melancarkan aliran darah serta mengurangi produksi molekul pembatas di pembuluh darah. Adapun buah beri-beri yang dapat diperoleh dengan mudah antara lain stroberi, raspberi, dan blueberi.

3. Pisang
Pisang adalah buah yang kaya akan potasium, zat penting yang dapat menurunkan tekanan darah. Sebab, potasium dapat membantu menyeimbangkan kadar sodium dalam darah, yang mana merupakan salah satu zat yang dapat memicu hipertensi.

4. Anggur
Anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan polifenol yang ada di dalamnya. Polifenol adalah zat antioksidan yang dapat berperan sebagai pengontrol tekanan darah. Mengonsumsi anggur secara rutin juga dapat mencegah terkena hipertensi dan sindrom metabolik.

5. Kiwi
Kiwi adalah buah yang memiliki kandungan natrium yang rendah, namun kaya akan kalium. Kombinasi kedua zat tersebut membuat kiwi sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

6. Semangka
Selain lezat dan juicy, buah semangka mengandung asam amino bernama L-citrulline yang berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah dan mengatasi hipertensi. Tak hanya itu, semangka juga mengandung likopen, potasium, dan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Alpukat
Sama seperti pisang, alpukat mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan kadar sodium dalam darah, sehingga mencegah terjadinya hipertensi.

Alpukat juga mengandung lemak baik bernama oleic acid yang dapat membantu mengurangi peradangan kardiovaskular, serta beta sitosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

8. Bit
Buah bit kerap menjadi salah satu makanan yang dianjurkan bagi pengidap hipertensi. Bukan tanpa alasan, sebab buah bit mengandung nitrat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Nitrat akan diolah tubuh menjadi senyawa bernama nitrit oksida. Nitrit oksida ini yang nantinya berperan untuk membantu melebarkan pembuluh darah serta menstabilkan tekanan darah.

9. Delima
Delima mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu mengurangi tekanan darah. Tak hanya itu, delima juga mengandung kalium tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap hipertensi.

10. Belimbing
Belimbing kaya akan potasium yang dapat menurunkan kadar sodium dalam darah dan mencegah hipertensi. Tak hanya itu, belimbing juga mengandung kalium yang dapat memberikan efek untuk melemaskan dan memperlebar dinding pembuluh darah. Hal ini membuat aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga menurunkan tekanan darah dan risiko hipertensi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi, Lezat dan Gampang Didapat"