Hagia Sophia

13 November 2023

Kebiasaan Pagi yang Bisa Bikin Cepat Kurus

Foto: thinkstock

Memiliki berat badan ideal adalah idaman hampir semua orang. Agar berat badan seimbang, tentunya detikers wajib menjaga pola makan sehat dan diimbangi dengan olahraga teratur.

Jika dua hal di atas jarang dilakukan, maka dapat menyebabkan berat badan naik hingga obesitas. Kalau sudah obesitas, sejumlah penyakit berbahaya bisa menyerangmu, mulai dari stroke, jantung, hingga diabetes.

Tapi jangan khawatir, sebenarnya ada sejumlah kebiasaan yang bisa dilakukan di pagi hari agar berat badan berkurang. Lantas, apa saja kebiasaan tersebut? Simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Cepat Kurus

Ada sejumlah kebiasaan di pagi hari yang ternyata dapat membantu menurunkan berat badan, lho. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kebiasaan di pagi hari yang bikin cepat kurus.

1. Minum Air Putih
Kebiasaan pertama yang bisa kamu lakukan adalah minum air putih di pagi hari. Dilansir WebMD, mengkonsumsi air putih di pagi hari dapat merangsang sistem pencernaan dan membuatnya tetap aktif. Hal ini membuat proses metabolisme akan semakin meningkat, yang mana juga ikut mempengaruhi berat badan agar cepat turun.

2. Meditasi atau Latihan Pernapasan
Jika detikers punya waktu luang di pagi hari, cobalah lakukan meditasi atau latihan pernapasan sejenak. Sebab, meditasi dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang bisa memicu perilaku overeating atau emotional eating.

3. Menimbang Berat Badan
Sebagian orang merasa takut dan insecure setiap kali menimbang berat badan. Padahal, cara ini dapat membantumu dalam mengurangi berat badan. Kok bisa?

Sebab, rutin menimbang berat badan di pagi hari dan mencatatnya dapat menjadi motivasi tersendiri untuk menurunkan berat badan. Apabila berat badan terus menurun secara konsisten, hal ini dapat membuatmu jadi lebih sehat.

Oh ya, disarankan untuk menimbang berat badan di pagi hari setelah buang air kecil. Soalnya, tubuh memproses makanan dan minuman di hari sebelumnya saat sedang tidur, sehingga perut relatif kosong saat menimbang berat badan. Jadi, hasil timbangannya lebih akurat.

4. Olahraga Ringan Sebelum Sarapan
Sebelum sarapan di pagi hari, sebaiknya detikers melakukan sejumlah olahraga ringan. Sebab, olahraga dalam kondisi perut kosong dapat membantu mendapatkan hasil yang lebih baik sekaligus membakar lebih banyak lemak tubuh sebagai bahan bakar.

Lalu, sebuah studi mengungkapkan bahwa olahraga sebelum sarapan mampu meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengatur kadar gula darah, dan mencegah berat badan bertambah.

5. Berjemur di Pagi Hari
Seperti kita tahu, paparan sinar matahari di pagi hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Namun tak hanya itu, sinar matahari juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dilansir situs Healthline, sebuah penelitian menunjukan bahwa paparan cahaya matahari di pagi hari ternyata mampu mengurangi berat badan. Untuk merasakan efeknya, disarankan untuk berjemur selama 10-15 menit, lalu dibarengi juga dengan olahraga ringan.

6. Sarapan Tinggi Protein
Sarapan merupakan hal yang penting dilakukan sebelum menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, agar stamina tetap terjaga sekaligus mencegah berat badan naik, konsumsi sarapan yang tinggi protein, seperti:
  • Telur
  • Susu
  • Daging ayam
  • Tahu
  • Tempe
  • Ikan salmon
  • Kacang hijau
Sebab, mengkonsumsi sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan, sehingga bikin nggak mudah lapar. Terkadang, banyak orang yang senang ngemil untuk mengatasi lapar, padahal kebiasaan ini dapat menyebabkan berat badan naik.

Protein bekerja dengan cara menurunkan kadar ghrelin, yakni hormon yang bertanggung jawab meningkatkan nafsu makan. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian terhadap 15 pria yang rutin mengkonsumsi sarapan berprotein tinggi, hasilnya mereka jadi nggak mudah lapar karena protein dapat menekan kadar ghrelin.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Kebiasaan Pagi Hari yang Bikin Cepat Kurus, Yuk Cobain!"