Hagia Sophia

13 November 2023

Beberapa Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Pagi Hari

Foto: Ilustrasi iStock

Selain membangkitkan semangat di pagi hari, minum kopi pahit nyatanya menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Tak heran jika rutinitas yang satu ini digemari banyak orang, terutama untuk mengawali aktivitas sehari-hari.

Meski setiap orang memiliki seleranya masing-masing, banyak orang percaya kopi pahit memiliki lebih banyak khasiat daripada kopi yang telah dicampur gula ataupun susu.

Bagi pengidap diabetes, kopi tanpa gula menjadi minuman yang cocok untuk diseruput. Selain itu, kopi pahit juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, parkinson, serta beberapa jenis kanker. Jika masih penasaran dengan segudang manfaat yang dimilikinya, berikut berbagai khasiat kopi pahit untuk kesehatan.

1. Menjaga fungsi otak
Seiring bertambahnya usia, otak manusia akan mengalami penurunan fungsi. Kondisi ini dapat memicu beberapa penyakit yang berkaitan dengan fungsi otak, seperti demensia dan alzheimer.

Meski begitu, kedua risiko tersebut nyatanya dapat dicegah dengan minum kopi pahit. Kandungan antioksidan dan anti radang di dalamnya bisa membantu mengurangi peradangan pada sel-sel otak. Tak hanya itu, kopi pahit juga membantu menurunkan gejala tremor atau gemetar pada pengidap penyakit parkinson.

2. Lebih fokus
Kandungan kafein yang tersimpan dalam kopi, bertanggung jawab untuk mempengaruhi fungsi otak serta meningkatkan fokus seseorang. Tak heran jika banyak orang merasa lebih mudah berkonsentrasi setelah mengkonsumsi kopi pahit di pagi hari.

Menurut Healthline, kafein dapat merangsang produksi hormon serotonin, dopamin, noradrenalin. Ketiga hormon ini yang membantu seseorang menjadi lebih fokus.

3. Menurunkan berat badan
Kafein dalam kopi pahit mampu memberikan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh saat seseorang menjalani diet. Hal ini tentu sangat membantu seseorang menjalani aktivitas sehari-hari di tengah perjalannya menjalani penurunan berat badan.

Dikutip dari Healthline, kadar kafein pada kopi dapat membantu mengurangi rasa lapar yang tentunya membantu menurunkan berat badan.

4. Mengurangi risiko diabetes tipe 2
Menurut beberapa studi, kandungan kafein pada kopi dapat membantu menjaga kadar gula darah, sehingga bermanfaat untuk menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Hal ini bisa terjadi karena kafein bisa meningkatkan kinerja sel beta dalam pankreas yang berfungsi untuk memproduksi hormon insulin guna mengatur kadar gula dalam darah.

5. Meningkatkan performa saat berolahraga
Menyeruput kopi sebelum beraktivitas fisik ternyata bermanfaat untuk meningkatkan performa dan efektivitas saat berolahraga. Pasalnya, kopi pahit meningkatkan kadar epinefrin dalam darah yang membuat tubuh lebih siap untuk melakukan aktivitas fisik yang intens.

Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, tentu membutuhkan banyak energi. Kopi pahit yang dapat memecah lemak yang disimpan dan melepaskannya ke dalam alirah darah dalam bentuk asam lemak bebas. Asam lemak bebas ini lah yang digunakan tubuh sebagai bahan bakar untuk melakukan aktivitas fisik yang menguras energi.

6. Menurunkan risiko kanker
Menurut beberapa penelitian, konsumsi kopi pahit bisa mengurangi risiko penyakit kanker tertentu seperti kanker payudara, hati, serta usus besar. Antioksidan pada kopi mampu mengurangi peradangan yang menjadi salah satu faktor utama di balik berkembangnya sel kanker atau tumor.

7. Mengurangi stres
Kopi juga mampu merangsang produksi hormon serotonin, dopamin, dan noradrenalin dalam tubuh. Ketiga hormon ini dapat membantu mengatasi mood yang rusak dan juga mengurangi stres.

8. Bikin panjang umur
Setiap orang pasti mendambakan hidup yang sehat serta berumur panjang. Impian tersebut ternyata bisa diraih dengan hanya meminum kopi pahit.

Telah terbukti oleh beberapa penelitian, salah satunya dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan terhadap 1567 subjek. Hasilnya, minum kopi berkafein bisa menurunkan risiko kematian 12 hingga 18 tahun ke depan. Bahkan konsumsi secangkir kopi setiap harinya dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kanker.

Bukan hanya panjang umur, seseorang yang rutin mengkonsumsi kopi bisa terlihat lebih awet muda. Kondisi ini bisa ternyata karena senyawa antioksidan dalam kopi dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang memicu peradangan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cocok Diminum Pagi Hari, Ini 8 Khasiat Kopi Pahit Bagi Kesehatan"