Hagia Sophia

13 November 2023

Beberapa Obat untuk Luka Bernanah yang Mudah Dditemui

Foto: Getty Images/iStockphoto/Piyapong Thongcharoen

Dikutip melalui jurnal berjudul Manajemen Terkini Perawatan Luka (202), luka adalah rusak atau hilangnya sebagian jaringan tubuh yang disebabkan oleh trauma terhadap benda tajam dan lain-lain. Luka bernanah merupakan jenis luka yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Obat luka bernanah bisa ditemukan di rumah dengan bahan alami ataupun di apotek-apotek terdekat.

Luka bernanah ditandai dengan munculnya cairan dengan tekstur kental, gatal pada area luka, dan baunya tidak sedap. Cairan kental yang keluar dari luka bernanah berwarna kuning, hijau, atau putih. Cairan nanah ini menjadi gejala utama yang menandakan bahwa luka telah terinfeksi.

Hal ini disebabkan oleh masuknya bakteri atau patogen dalam luka. Infeksi yang lebih parah dapat menyebabkan demam, mual, dan menggigil. Berikut ini beberapa obat luka bernanah yang mudah ditemui di rumah, dan aman untuk digunakan. Simak pembahasannya di bawah ini.

Obat Luka Bernanah

Obat luka bernanah umumnya akan diberikan antibiotik yang bertugas mengatasi dan menghentikan penyebaran infeksi. Penanganan pada luka bernanah tergantung pada tingkat keparahannya.

Apabila area yang terinfeksi kecil, dokter biasanya akan menyarankan untuk menggunakan salep antibiotik contohnya asam fusidat. Namun, apabila area pada luka bernanah cukup besar, dokter biasanya akan memberikan antibiotik oral yang dapat diminum selama beberapa hari ke depan.

Penggunaan antibiotik perlu adanya pengawasan dari dokter, karena dokter akan menyarankan tipe antibiotik seperti apa yang sesuai untuk mengobati luka bernanah. Selain penggunaan antibiotik untuk obat luka bernanah, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah.

Obat Luka Bernanah Alami

Obat luka bernanah bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Namun, perlu diingat, pengobatan alami hanya bisa digunakan pada luka ringan. Kamu tidak bisa menggunakan bahan alami pada luka yang sudah parah terinfeksi. Dikutip melalui laman Healthline, berikut ini 7 obat luka bernanah alami.

1. Lidah Buaya
Pada zaman dahulu, lidah buaya sering dimanfaatkan untuk mengatasi luka akibat dari sengatan matahari. Ternyata, zat yang terdapat dalam lidah buaya juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit lainnya. Lidah buaya mengandung efek antimikroba dan antiinflamasi yang dapat berguna dalam mempercepat penyembuhan jaringan kulit.

2. Madu
Madu dapat digunakan dalam menyembuhkan luka ringan untuk mencegah adanya infeksi anjutan. Tak jarang, madu digunakan sebagai alternatif perban atau pembalut luka. Madu memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan anti bakteri. Madu dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada luka bernanah.

3. Minyak Lavender
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018, berjudul Treatment Strategies for Infected Wounds, menunjukkan bahwa minyak lavender dapat membantu dalam proses penyembuhan luka. Minyak lavender memberikan efek antimikroba dan anti bakteri.

4. Marigold
Marigold adalah tanaman semusim yang cukup populer di seluruh dunia. Marigold mengandung kolagen, antimikroba, dan antiinflamasi. Marigold tersedia dalam bentuk salep untuk memudahkan pemakaian.

5. Pasta Kunyit
Kunyit memiliki kandungan antimikroba dan antiinflamasi yang disebut dengan kurkumin. Kurkumin berfungsi dalam membantu penyembuhan luka. Kunyit juga dipercaya mengandung komponen anti infeksi.

6. Tea Tree Oil
Tea Tree Oil merupakan antiseptik alami yang dapat digunakan dalam mengobati peradangan pada kulit. Namun, tea tree oil tidak bisa digunakan pada luka bakar. Kamu bisa menggunakan tea tree oil dengan cara mengoleskannya pada kulit.

7. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri karena mengandung asam lemak monolaurin. Asam lemak monolaurin dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menurunkan adanya risiko infeksi.

Obat Luka Bernanah Salep

Selain obat-obatan alami, kamu bisa menggunakan salep antibiotik seperti berikut ini:

1. Salep Bacitracin
Bacitracin adalah salep antibiotik yang dapat digunakan sebagai obat luka bernanah. Bacitracin masuk ke dalam golongan antibiotik polipeptida. Antibiotik polipeptida bekerja dengan cara menghambat pembentukan sel bakteri sehingga tidak bisa berkembang biak.

2. Salep Polysporin
Polysporin adalah salep antibiotik yang bisa digunakan sebagai obat luka bernanah. Polysporin mengobati luka bernanah ringan dan mencegah adanya infeksi lanjutan. Polysporin mempunyai kandungan berupa polymyxin B dan bacitracin. Jangan menggunakan salep polysporin pada luka dalam dan luka bakar, karena salep ini hanya bisa digunakan untuk obat luka bernanah ringan.

3. Petroleum Jelly
Petroleum jelly sangat berguna dalam menjaga kulit untuk tetap lembab. Kamu dapat mengaplikasikannya pada luka untuk membantu proses penyembuhan luka bernanah. Menggunakan petroleum jelly juga dipercaya dapat menghambat terbentuknya jaringan parut.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Obat Luka Bernanah yang Mudah Ditemui dan Aman Digunakan"