Hagia Sophia

12 December 2023

Ada Patung Bunda Maria 'Menangis' di Meksiko, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Viral patung Bunda Maria di Meksiko meneteskan 'air mata' di pipinya. Seorang ilmuwan mencoba menjelaskan fenomena ini dari sudut pandang ilmiah. Foto: CEN via The Post

Viral Patung Bunda Maria di Meksiko meneteskan 'air mata' di pipinya. Seorang ilmuwan mencoba menjelaskan fenomena ini dari sudut pandang ilmiah.

Patung yang dinamakan 'Virgin of Dolores' itu membuat netizen heboh. Beberapa dari mereka mengatakan ini adalah 'pertanda dari Tuhan'. Banyak penduduk setempat percaya bahwa Maria menangis atas kekerasan yang melanda Colima, yang ibu kotanya menduduki peringkat kota paling keras di dunia pada tahun 2022.

Hingga bulan Oktober, Kantor Kejaksaan Colima mencatat adanya 702 kasus pembunuhan yang disengaja di negara bagian tersebut. Disebut juga bahwa kota itu merupakan sarang aktivitas kartel narkoba, sebagaimana melansir The Post, Sabtu (9/12/2023).

"Kita dapat mengaitkannya dengan tingkat kekerasan yang dialami di sini, di negara bagian Colima, dan juga di komunitas ini," klaim Victor Ramos salah seorang saksi mata.

Sementara itu, profesor kimia di Italia, Luigi Garlaschelli, merasa ada penjelasan ilmiah dari kejadian Patung Bunda Maria menangis. Dia mengaitkan kemampuan patung itu dalam menyerap kelembapan karena sifatnya yang berpori.

"Anda butuh patung kopong yang terbuat dari plester atau keramik yang bagian luarnya harus ditutup dengan lapisan kedap air," jelasnya.

"Dengan mengisi patung dengan air melalui lubang yang tidak terlihat di bagian atas, bahan berpori akan menyerapnya, namun lapisan luar akan mencegahnya keluar," lanjutnya.

Namun, jika lapisan pelindung di dekat mata Maria tergores, air yang terserap akan bocor keluar. Ini akan memberikan ilusi bahwa patung itu sedang menangis.

Ini bukan pertama kalinya replika Bunda Maria terlihat meneteskan air mata. Pada tahun 2019, para jamaah berbondong-bondong ke Holy Trinity Greek Orthodox Church di Chicago untuk menyaksikan lukisan Perawan Maria yang 'menangis'.

Sementara itu, keuskupan Katolik di kota Las Cruces, New Mexico, melancarkan penyelidikan terhadap patung 'menangis' itu. Analisis kimiawi terhadap cairan tersebut mengungkapkan bahwa cairan 'air mata' itu adalah minyak zaitun wangi yang kerap digunakan untuk pembaptisan.




























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Patung Bunda Maria Menangis di Meksiko, Ada Penjelasan Ilmiahnya"