Hagia Sophia

12 December 2023

Begini Penampilan Binaragawan Akibat Kecanduan Narkoba

Perubahan penampilan binaragawan yang kecanduan narkoba. (Foto: Facebook/ Jennifer Salfen-Tracy)

Seorang binaragawan di Los Angeles, AS, berbulan-bulan mengalami kecanduan obat-obatan terlarang yang hampir menghancurkan hidupnya. Kondisi itu membuat penampilan pria bernama Cody Gibson itu berubah drastis.

Kisah dan foto Cody dibagikan sang ibu, Jennifer Salfen-Tracy, melalui akun Facebook miliknya pada tahun 2019. Cody yang awalnya seorang binaragawan berubah menjadi pecandu narkoba yang menghancurkan mental dan fisiknya hanya dalam tujuh bulan.

Hal itu membuat berat badan pria 26 tahun itu turun dalam jumlah yang drastis, kulitnya terluka dan rusak parah, kondisi mentalnya sangat buruk, hingga sempat menjadi tunawisma. Perbedaan antara foto-foto tersebut sangat mencolok, sehingga memberikan peringatan kepada masyarakat tentang betapa parahnya kecanduan.

"Foto-foto ini diambil dengan selang waktu tujuh bulan. Itulah seberapa cepat seseorang terkena dampaknya," tulis Jennifer yang dikutip dari News.co.au, Minggu (10/12/2023).

Cody mengalami kecanduan Methamphetamine atau metamfetamin selama tujuh bulan. Metamfetamin atau meth ini dapat memberikan energi yang berlebih pada orang yang mengkonsumsinya.

Hal ini dapat menyebabkan orang yang mengkonsumsinya kehilangan berat badan dengan cepat, mengalami masalah gigi, luka pada kulit, hingga masalah kesehatan lainnya. Obat tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan parah pada otak, kehilangan ingatan, paranoia, hingga psikosis.

Jennifer menceritakan bahwa selama Cody mengalami kecanduan, dia berminggu-minggu tidak mendengar kabar dari putranya itu karena dia masih tunawisma di Los Angeles. Dia mengaku tidak bisa tidur di malam hari karena khawatir akan hal yang tidak diketahui.

"Saya telah belajar selama ini bahwa begitu banyak orang dan keluarga menghadapi sakit hati yang sama tetapi tidak membicarakannya," beber Jennifer.

"Ini adalah masalah nyata di dunia saat ini yang perlu kita lakukan bersama-sama, dan fokus untuk memperbaikinya daripada pemerintah khawatir dan menghabiskan seluruh uang mereka untuk saling menyalahkan," tulisnya.

Untuk mengatasi kecanduannya itu, Cody melakukan rehabilitasi di pusat rehabilitasi di kotanya. Ia kembali mulai hidup sehat dan menjalani pemulihan.

Setahun setelah Cody memulai perjalanannya menuju pemulihan, ibunya dengan gembira menceritakan kemajuannya. Cody juga sudah kembali bekerja dan bisa berkumpul dengan keluarganya.

"Jalannya tidak mudah bagi dia atau kita semua yang terlibat, tetapi saya sangat bersyukur karena putra saya masih hidup dan sadar hari ini," kata Jennifer.

"Sekarang saya ingin mengatakan bahwa Cody adalah 'Wajah Pemulihan', bukan 'Wajah Heroin dan Meth'," sambungnya.

Dalam postingan di media sosialnya, Cody juga mengaku kecanduan menggunakan narkoba. Namun, kini ia sudah bisa pulih dan menemukan kesembuhannya.

"Saya menggunakan narkoba. Tentu saja. Saya adalah seorang pecandu, itu faktanya," ungkap Cody.

"Tetapi saya juga menemukan kesembuhan," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Binaragawan Kecanduan Narkoba, Penampilan Terbarunya Bikin Ngelus Dada"