Hagia Sophia

07 December 2023

Beberapa Gejala Kanker Tulang yang Jarang Diketahui dan Sadari

Ilustrasi kanker tulang. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn)

Kanker tulang adalah kondisi ketika sel-sel di tulang tumbuh secara tidak terkendali dan membentuk tumor yang menyerang jaringan sehat di tulang. Lantas, seperti apa ciri-ciri kanker tulang?

Sama seperti kanker lainnya, kanker tulang kerap tidak menunjukkan gejala yang berarti saat masih di tahap awal. Beberapa gejalanya pun mirip dengan penyakit biasa, sehingga sering diabaikan.

Akibatnya, tak sedikit pengidap kanker tulang yang baru menyadari kondisinya setelah memasuki tingkat yang lebih parah. Karenanya, penting untuk mengetahui ciri-ciri kanker tulang, bahkan yang sepele sekalipun, guna mencegah risiko penyakit tersebut berkembang menjadi sesuatu yang sulit diatasi.

Ciri-ciri Kanker Tulang

Meski kanker tulang sering tidak bergejala di awal, pada beberapa kasus pasien bisa menunjukkan beberapa tanda-tanda. Adapun ciri-ciri kanker tulang yang muncul pada pengidapnya antara lain:

1. Nyeri
Salah satu ciri-ciri kanker tulang yang paling umum dan sering disepelekan adalah nyeri. Biasanya, rasa nyeri ini disebabkan oleh aktivitas sel kanker yang menyerang sel-sel sehat di tulang. Kerusakan yang ditimbulkan oleh sel kanker pada jaringan tulang itulah yang kemudian menyebabkan rasa nyeri.

Gejala ini bisa muncul dan hilang begitu saja. Tapi seiring berjalannya waktu, rasa nyeri bisa lebih sering muncul dan semakin parah, terutama di malam hari.

2. Kelelahan
Ciri-ciri kanker tulang berikutnya adalah kelelahan yang tak kunjung hilang. Dikutip dari laman Medical News Today, kelelahan yang dirasakan pasien kanker tulang adalah efek dari respons imun tubuh yang sedang memerangi sel kanker. Sebab, mayoritas energi tubuh terpakai untuk membantu sistem imun melawan serangan sel kanker. Inilah yang membuat pasien kanker tulang gampang merasa kelelahan.

3. Bengkak Tanpa Sebab
Hati-hati jika tubuh mengalami bengkak tanpa alasan yang jelas. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi pertanda seseoorang mengidap kanker tulang.

Dikutip dari laman American Cancer Society, pembengkakan disebabkan oleh tumor yang terbentuk dari sel-sel yang telah bermutasi. Biasanya, gejala ini juga disertai rasa nyeri yang sangat hebat. Tergantung di mana letak tumornya, pembengkakan pada kanker tulang juga bisa menyebabkan pengidapnya mengalami kesulitan saat menelan atau bernapas.

4. Sulit Menggerakkan Tubuh
Ciri-ciri kanker tulang yang satu ini bisa muncul jika tumor terjadi di area sekitar sendi. Ketika tumor menimbulkan pembengkakan di area tersebut, maka hal ini dapat memengaruhi pergerakan sendi dan membuat pengidap kanker tulang kesulitan menggerakkan anggota tubuh, seperti tangan, kaki, dan lain sebagainya.

5. Rentan Mengalami Patah Tulang
Seiring berjalannya waktu, perkembangan sel kanker dapat membuat tulang menjadi lebih rapuh. Hal ini membuat pengidap kanker tulang rentan mengalami patah tulang, bahkan dari benturan ringan sekalipun. Jadi jika kerap mengalami retak atau patah tulang akibat cidera ringan, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi pasti dan mencegah risiko sel kanker berkembang menjadi lebih parah.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Gejala Kanker Tulang yang Kerap Tak Disadari, Salah Satunya Nyeri di Malam Hari"