Hagia Sophia

07 December 2023

Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Bantu Turunkan BB

Ilustrasi. Foto: iStock

Bukan cuma perkara penampilan, kondisi kelebihan berat badan atau obesitas juga ditakutkan banyak orang lantaran bisa berkaitan erat beragam penyakit seperti serangan jantung, stroke, hingga obesitas. Tak heran, banyak orang mencari cara paling efektif untuk menurunkan BB.

Menjaga asupan makanan sehari-hari dibarengi olahraga dan aktivitas fisik adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Di samping itu, ada sejumlah kebiasaan di pagi hari yang rupanya, bisa membantu mengusir obesitas.

Terdengar simpel, tapi sebenarnya sejumlah kebiasaan pagi hari ini terbukti efektif membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari Health Shots, berikut penjelasannya:

1. Minum air hangat
Salah satu penyebab utama obesitas yakni metabolisme yang lambat. Untuk menjaga metabolisme tetap terkendali, sebaiknya awali hari dengan meminum setidaknya satu hingga dua gelas air hangat saat baru bangun tidur.

2. Berolahraga
Melakukan aktivitas olahraga minimal 25 hingga 30 menit sehari amat berpengaruh untuk kesehatan tubuh. Olahraga ringan dapat membantu tubuh untuk mendapatkan energi optimal di pagi hari.

Jika tidak punya cukup waktu untuk melakukan aktivitas fisik di luar ruangan, cobalah beberapa gerakan simple di rumah.

3. Berjemur di bawah sinar matahari
Sinar matahari di pagi hari mengandung banyak vitamin D yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya memberikan energi positif pada tubuh dan pikiran, vitamin D dapat membantu mengurangi berat badan.

4. Jangan 'skip' sarapan
Beberapa orang mungkin berpikir melewatkan makanan di pagi hari bisa bikin turun berat badan. Namun kebiasaan tersebut justru bisa berbahaya bagi tubuh, karena segala bentuk pola makan yang tidak memadai membuat tubuh kita lemah.

Bahkan membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama dapat membuat tubuh mengonsumsi lebih banyak makanan. Selain itu, melewatkan sarapan bisa mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi penting.

5. Bikin jadwal makan seharian
Setiap pagi, catatlah beberapa makanan yang akan dikonsumsi dalam satu hari. Dengan memperhatikan apa yang dimakan sepanjang hari, akan seseorang akan lebih mampu memilah makanan rendah kalori.

Jika sudah direncanakan sebelumnya, kesehatan dan asupan nutrisi seseorang akan lebih terjaga.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata Simpel Banget! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Ampuh Turunkan Berat Badan"