Hagia Sophia

07 December 2023

Obat-obatan Alami untuk Atasi Asam Lambung

Jahe salah satu obat alami untuk mengatasi asam lambung naik. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Asam lambung adalah penyakit yang sering dialami banyak orang. Kondisi ini terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga menimbulkan nyeri pada dada (heartburn).

Pertanyaannya, kok bisa sih cairan asam lambung naik ke kerongkongan? Dikutip dari Cleveland Clinic, di antara lambung dan pangkal kerongkongan terdapat sebuah katup bernama sfingter esofagus. Dalam keadaan normal, katup ini akan menutup secara otomatis sehingga mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Namun jika otot sfingter melemah, maka katup tersebut tidak bisa menutup secara sempurna. Hal inilah yang kemudian memungkinkan cairan asam lambung naik ke kerongkongan.

Asam lambung sendiri adalah kondisi yang bisa terjadi berulang kali. Umumnya, seseorang bisa mengalami asam lambung lebih dari satu atau dua kali sepanjang hidupnya. Karena itu, penting untuk mengetahui cara dan obat yang bisa mengatasi asam lambung.

Selain obat-obatan dari apotek, asam lambung juga bisa diatasi dengan menggunakan obat-obatan herbal. Apa saja? Berikut obat alami untuk mengatasi asam lambung yang bisa dicoba.

Obat-obatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung

1. Jahe
Sudah bukan rahasia lagi kalau jahe merupakan salah satu obat alami yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk asam lambung. Jahe kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan fenlik, yang dapat membantu mengurangi produksi cairan asam lambung dan meredakan peradangan di lambung.

Tak hanya itu, jahe juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejala asam lambung. Jahe dapat dikonsumsi secara mentah, dicampur ke masakan atau teh hangat.

2. Pisang
Mengonsumsi pisang juga bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung secara alami. Pisang adalah buah yang bersifat basa, sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung dengan cara melapisi lapisan esofagus yang mengalami iritasi.

Selain itu, pisang juga kaya akan pektin yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

3. Licorice
Licorice atau akar manis mengandung antioksidan yang dapat membantu mengatasi asam lambung. Mengonsumsi licorice disebut dapat meningkatkan lapisan pelindung pada esofagus, sehingga membuatnya terlindungi dari efek iritasi akibat cairan asam lambung.

4. Kemangi
Selain jadi sayur lalapan banyak orang di Indonesia, daun kemangi juga merupakan obat alami untuk mengatasi asam lambung yang cukup efektif. Daun kemangi mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, fenolik, dan saponin. Kandungan tersebut lah yang membuat daun kemangi dapat membantu meredakan gejala dan mengatasi asam lambung naik secara alami.

5. Lidah Buaya
Berbicara soal lidah buaya, hal pertama yang terlintas di pikiran mungkin manfaatnya untuk menyehatkan rambut. Tapi lidah buaya ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi asam lambung loh.

Caranya adalah dengan mengolah lidah buaya menjadi jus. Jus lidah buaya disebut memiliki kandungan antiinflamasi dan antiperadangan yang dapat mengurangi gejala asam lambung.

6. Teh Chamomile
Teh chamomile merupakan salah satu minuman yang kerap dikonsumsi sebagai obat alami. Tak heran, sebab teh chamomile memiliki kandungan antimikroba dan antiinflamasi yang efektif untuk mengatasi peradangan dalam tubuh, termasuk pada lambung.

Teh chamomile juga ampuh untuk menurunkan tingkat stres, yang sebagaimana kita ketahui merupakan salah satu penyebab kambuhnya asam lambung.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Obat Alami untuk Mengatasi Asam Lambung"