Hagia Sophia

31 December 2023

Liga Inggris: Nottingham Forest Kalahkan Manchester United 2-1

Manchester United takluk 1-2 di kandang Nottingham Forest (AP/Rui Vieira)

Manchester United menutup tahun dengan kekalahan. Melawat ke markas Nottingham Forest, Setan Merah takluk dengan skor 1-2.

Pada pertandingan di City Ground, Minggu (31/12/2023) dinihari WIB, semua gol tercipta di babak kedua. Forest unggul duluan lewat Nicolas Dominguez sebelum disamakan Marcus Rashford. Gol kemenangan dibuat Morgan Gibbs-White.

Tambahan tiga poin membuat Forest naik ke posisi ke-15 Klasemen Liga Inggris dengan 20 poin dari 20 laga. MU tertahan di posisi ketujuh dengan 31 poin.

Jalannya pertandingan

Baru semenit laga berjalan, Forest sudah mengancam lewat Nicolas Dominguez yang melepaskan sepakan setengah voli di kotak penalti meneruskan umpan Morgan Gibss-White, tapi bola membentur Kobbie Mainoo dan berujung korner.

MU yang mengandalkan Alejandro Garnacho dan Marcus Rashford di depan kesulitan untuk menciptakan peluang di kotak penalti Forest.

Pada menit ke-12, Forest nyaris bikin gol ketika serangan dari sisi kiri yang dibangun Anthony Elanga dituntaskan dengan umpan tarik ke kotak penalti. Kesalahan komunikasi antara Raphael Varane dan Andre Onana hampir membuat gawang MU bobol andaikan bola tidak melebar.

MU cuma membuat satu attempts sepanjang babak pertama dari Aaron Wan-Bissaka di pertengahan babak kedua tapi belum menemui hasil. Skor 0-0 mengirim kedua tim ke ruang ganti.

Pada babak kedua, Forest masih mendominasi permainan meski MU coba lepas dari tekanan. Peluang pertama di babak ini justru diciptakan mereka lewat Diogo Dalot pada menit ke-55.

Dalot mendapat umpan tarik dari Wan-Bissaka di sisi kanan dan melepaskan sepakan firs time, tapi bola menghantam tiang gawang Alex Turner.

Forest lantas menciptakan gol dari shot on target pertamanya pada menit ke-64. Forest membangun serangan dengan rapi di sisi kanan lewat Anthony Elanga yang memberikan bola kepada Gonzalo Montiel.

Montiel yang berada bebas di kotak penalti memberikan umpan tarik yang disambut kompatriotnya asal Argentina, Nicolas Dominguez, dengan sepakan terukur ke pojok kiri bawah gawang Onana.

Nicolas Dominguez membawa Forest memimpin 1-0. (Foto: Action Images via Reuters/LEE SMITH)

Gol itu justru membuat MU tersentak dan mereka mulai menekan balik Forest. Taktik itu berhasil membuat gawang Forest kebobolan pada menit ke-78 memanfaatkan kesalahan kiper Alex Turner.

Turner yang mendapat backpass malah salah umpan sehingga dipotong Alejandro Garnacho dan kemudian menggiringnya ke sisi kanan kotak penalti. Bola dikirimkan kepada Rashford yang mudah saja menceploskan ke pojok kiri bawah gawang tuan rumah untuk bikin skor 1-1.

Marcus Rashford membuat skor imbang 1-1. (Foto: Action Images via Reuters/LEE SMITH)

Forest mengembalikan keunggulannya lagi pada menit ke-82. Kali ini serangan balik Forest dari sisi kanan tidak bisa diantisipasi barisan belakang MU dan membuat Elanga dengan mudahnya mengirim umpan ke depan kotak penalti.

Di sana ada Gibbs-White yang menuntaskan dengan sepakan kaki kanan ke pojok gawang tanpa bisa dihalau Onana. MU patut menyesali gol itu karena beberapa saat sebelumnya mereka punya kans untuk unggul tapi Turner membendung bola sepakan Fernandes.

Morgan Gibbs-White merayakan gol ke gawang MU. (Foto: Action Images via Reuters/LEE SMITH)

Pertandingan pun semakin sengit ketika 10 menit injury time diberikan wasit. MU berupaya untuk mencetak gol keduanya tapi gagal ketika di menit ke-97 bola sepakan Fernandes yang membentur pemain, bisa ditepis Turner di atas gawang.

Skor 2-1 menutup pertandingan Nottingham Forest vs MU untuk kemenangan tuan rumah.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Nottingham Forest Vs MU: The Red Devils Keok"