Hagia Sophia

12 January 2024

Sinead O'Connor Diberitakan Meninggal Secara Alami

Sinead O Connor Foto: Paul Kane/Getty Images

Penyebab kematian penyanyi Sinead O'Connor terungkap. Petugas berwenang menyebut musisi berusia 56 tahun itu meninggal karena sebab alamiah (natural causes).

"Pernyataan ini untuk mengonfirmasi bahwa O'Connor meninggal karena sebab alamiah," tulis pernyataan Pengadilan Koroner Southwark, dikutip dari BBC, Rabu (10/1/2023).

Penyanyi asal Irlandia itu ditemukan meninggal di rumahnya Herne Hill, London selatan pada pukul 11.19 siang, waktu setempat. Pelantun lagu hits 'Nothing Compares 2 U' ini tutup usia pada Juli 2023 lalu.

Saat meninggal, jasad Sinead O'Connor dikembalikan kepada keluarganya setelah melewati proses autopsi. Tewasnya Sinead O'Connor menurut kepolisian tidak dianggap sebagai kejadian mencurigakan.

Kematian karena sebab alamiah atau natural causes sering kali ditambahkan pada catatan kematian sebagai penyebab kematian seseorang. Penyebab kematian karena natural causes dapat berupa serangan jantung, stroke, kanker, infeksi, atau penyakit lainnya. Sebaliknya, kematian yang disebabkan oleh intervensi disebut kematian tidak wajar.

Dikutip dari laman Ohio State University, patologis Alexander Fitzthum, MD menjelaskan tenaga medis, termasuk ahli patologi, mengklasifikasikan kematian menjadi lima cara yakni alami, kecelakaan, bunuh diri, pembunuhan, atau tidak diketahui. Proses autopsi dapat membantu dokter dan keluarga untuk lebih memahami proses penyakit atau membantu menentukan penyebab kematian.

"Sederhananya, kematian 'alami' adalah kematian yang terjadi karena faktor internal yang menyebabkan tubuh tidak berfungsi, seperti kanker, penyakit jantung, atau diabetes. Artinya, tidak ada penyebab eksternal atas kematian tersebut, seperti cedera traumatis," jelas Alexander.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penyebab Kematian Sinead O'Connor Terungkap, Disebut Meninggal Secara Alami"