Hagia Sophia

12 January 2024

Foto Ini Menunjukan Kalau Bumi Itu Bulat

1 Foto Selfie yang Patahkan Teori Bumi Datar. Foto: Unilad

Sebuah foto membuktikan bahwa Bumi bulat. Tidak perlu sampai ke antariksa, foto tersebut adalah foto selfie yang diambil dari puncak Gunung Everest.

Sebagai gunung tertinggi di muka bumi, Gunung Everest juga memberi pemandangan terbaik yang didapat manusia dengan kondisi menapak di tanah. Spot tersebut juga merupakan gunung terbaik untuk mengambil foto, bahkan sebuah foto di puncak Gunung Everest juga memiliki nilai sains yang cukup bagus tentang bentuk bumi.

Seseorang menggunakan kamera selfienya untuk memotret suasana di puncak Gunung Everest seperti dilansir detikINET dari Unilad, Kamis (11/1/2024). Foto selfie yang dihasilkan tersebut cukup jelas untuk menunjukkan bentuk Bumi yang melengkung pada bagian belakang objek selfie tanpa harus memakai lensa fish eye.

Orang tersebut memposting foto selfienya di platform Reddit dan mengatakan bahwa gambaran bahwa bumi bulat yang ditunjukan lewat selfienya tersebut kontras dengan apa yang dipercaya beberapa ahli teori konspirasi. "Skakmat kaum bumi datar," ungkapnya.

Beberapa komentar pada postingan tersebut juga mulai memancing komentar tentang teori bumi datar. Walau begitu, terdapat satu komentar yang justru mengomentari situasi di puncak Gunung Everest.

"Mengapa bagian atas Everest terlihat seperti tempat pembuangan sampah?" ungkap salah satu komentar pada unggahan di Reddit tersebut.

Pada foto selfie tersebut terdapat gambar potongan-potongan bahan berwarna yang menumpuk. Barang-barang tersebut merupakan barang-barang milik pendaki yang tidak kembali dibawa turun.

Soal kondisi tersebut, National Geographic pernah menyebut Gunung Everest sebagai tempat pembuangan sampah tertinggi di dunia. Hal ini akibat banyaknya sampah yang tidak dibawa turun kembali di sana.

Dengan lokasi yang cukup sulit dicapai dan jumlah pendaki yang mencapai 500 orang per harinya, Gunung Everest sulit dibersihkan dalam waktu dekat.




























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "1 Foto Selfie yang Patahkan Teori Bumi Datar"