Hagia Sophia

01 February 2024

Sering Makan di Atas Jam 9 Malam? Ini Hasil Risetnya

Ilustrasi makan malam. (Foto: Ilustrasi iStock)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sorbonne di Paris, Prancis menemukan bahwa kebiasaan makan malam di atas jam sembilan malam dapat meningkatkan risiko stroke. Memangnya, seperti apa korelasi stroke dengan kebiasaan jam makan ini?

Studi yang diterbitkan pada Desember 2023 ini dilakukan untuk melihat hubungan antara waktu makan dan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) yang ditimbulkan. CVD merupakan sekelompok masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, dan penyakit lainnya.

Penelitian melibatkan 103.389 responden yang 79 persen di antaranya merupakan wanita. Rata-rata responden yang mengikuti penelitian ini berusia 42 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa kebiasaan makan malam setelah jam sembilan malam berkaitan dengan peningkatan penyakit stroke hingga 28 persen, lebih tinggi dibandingkan kebiasaan makan malam sebelum jam 8 malam. Tim peneliti menyebut, kondisi ini lebih rentan dialami oleh wanita.

"Selain itu, dibandingkan dengan partisipan yang makan lebih awal, partisipan yang makan lebih malam memiliki konsumsi alkohol yang lebih tinggi, lebih banyak pesta minuman keras, melaporkan waktu tidur lebih larut, dan lebih cenderung memiliki variabilitas yang lebih tinggi dalam waktu makan mereka sepanjang minggu," kata peneliti dikutip dari Nature, Rabu (31/1/2024).

Sedangkan hasil lain menunjukkan menunda makan pertama, seperti melewatkan sarapan, dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. Risiko peningkatannya hingga enam persen per jam saat terlambat.

Misalnya seseorang akan makan pertama kali jam sembilan pagi memiliki kemungkinan enam persen lebih besar terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan seseorang yang makan jam delapan pagi.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa durasi puasa malam hari yang lebih lama, durasi makan terakhir dan makan pertama keesokan harinya, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit pembuluh darah otak hingga tujuh persen.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sering Makan di Atas Jam 9 Malam Bisa Picu Risiko Stroke, Begini Temuan Riset"