Hagia Sophia

01 February 2024

Hasil Riset: Konsumsi 3 Porsi Kimchi Sehari Bisa Kurangi Lemak Perut

Ilustrasi kimchi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

Sebuah riset baru menemukan fakta mengonsumsi tiga porsi kimchi sehari dapat mengurangi lemak di bagian perut yang berkontribusi pada penurunan risiko diabetes. Pantasan ya orang Korea kurus-kurus!

Penelitian yang menganalisis lebih dari 100 ribu orang di Korea Selatan menemukan pria yang makan tiga porsi kimchi setiap hari memiliki lebih sedikit lemak perut atau belly fat dibandingkan mereka yang tidak. Riset sebelumnya telah menunjukkan bahwa bakteri yang ditemukan dalam kimchi memiliki efek anti-obesitas, namun para peneliti ingin mengetahui apakah mengonsumsinya secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas pada perut dan kesehatan secara keseluruhan.

Dikutip dari Daily Mail, sekitar 150 ribu warga Korea Selatan berusia di atas 40 tahun menjadi subjek penelitian Health Examinees, analisis jangka panjang terhadap faktor risiko lingkungan dan genetik untuk kondisi kronis yang umum.

Peserta menyelesaikan kuesioner tentang seberapa sering mereka makan berbagai jenis makanan, memilih antara kurang dari satu porsi sehari, satu hingga dua porsi sehari, dua hingga tiga, tiga hingga lima, dan lebih dari lima porsi sehari.

Kimchi yang dikonsumsi ini dibagi tiga jenis yakni kimchi kubis, kimchi lobak, dan kimchi encer. Satu porsi kimchi kubis atau lobak beratnya 50g, sedangkan satu porsi kimchi encer beratnya 95g. Satu porsi 50g kira-kira sepertiga cangkir.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMJ Open, tinggi dan berat badan, BMI dan lingkar pinggang diukur untuk setiap partisipan. Hasilnya menunjukkan kurva berbentuk J, artinya konsumsi kimchi dalam jumlah sedang menunjukkan penurunan pada orang yang kelebihan berat badan, sedangkan konsumsi berlebihan menyebabkan peningkatan lemak berlebih.

Setelah para peneliti memperhitungkan faktor-faktor yang berpotensi mempengaruhi, makan tiga porsi total kimchi setiap hari dikaitkan dengan penurunan prevalensi kelebihan berat badan sebesar 11 persen, dibandingkan dengan kurang dari satu porsi.

Pada pria, tiga atau lebih porsi kimchi kubis dikaitkan dengan prevalensi kelebihan berat badan 10 persen lebih rendah dan prevalensi lemak perut 10 persen lebih rendah dibandingkan dengan kurang dari satu porsi.

Pada wanita, dua hingga tiga porsi sehari jenis kimchi ini dikaitkan dengan penurunan prevalensi kelebihan berat badan sebesar delapan persen, sementara satu hingga dua porsi per hari dikaitkan dengan enam persen lebih rendahnya prevalensi lemak perut tingkat tinggi.

Namun, makan terlalu banyak tidaklah sehat: dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari satu porsi total kimchi setiap hari, peserta yang makan lima porsi atau lebih memiliki berat badan lebih banyak, memiliki ukuran pinggang lebih besar, dan lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan.

"Kkarena kimchi adalah salah satu sumber utama asupan natrium, jumlah yang moderat harus direkomendasikan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari komponen lainnya," tulis peneliti.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pantasan Orang Korea Kurus, Makan Kimchi Ternyata Bisa Enyahkan Perut Buncit"