Hagia Sophia

04 March 2024

Beberapa Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi

Kopi tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan ini. (Foto: Ilustrasi iStock)

Bagi sejumlah orang, tidak afdol rasanya jika belum menyeruput kopi di pagi hari. Tak hanya nikmat, kopi juga kaya manfaat bagi kesehatan.

Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi lain. Faktanya, kopi mampu meningkatkan konsentrasi seseorang. Kopi memang menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia. Kopi akan terasa lebih nikmat jika dinikmati dengan jenis makanan tertentu.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk tidak diminum berbarengan minum dengan kopi.

Daging

Mengapa daging tidak boleh dimakan bersamaan dengan minum kopi? Kopi mengandung tennate yang membentuk ikatan dengan beberapa mineral dalam makanan.

Minum kopi bisa membuat seseorang mengeluarkan zinc atau seng yang seharusnya diserap. Dikutip Healthy Eating, kopi mampu menyerap zinc dalam tubuh. Untuk itu, sebaiknya hindari minum kopi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung Zinc. Seperti tiram, daging merah, unggas, dan kacang-kacangan..

Makanan yang Digoreng

Kentang goreng yang renyah memang terasa lebih nikmat jika dinikmati bersama kopi. Namun, kebiasaan mengonsumsi keduanya secara bersamaan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak jahat dan kolesterol. Jika dikombinasikan dengan kafein pada kopi, hal ini dapat dengan cepat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula, seperti kue, bolu, kue kering, dan makanan manis lainnya juga tak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan kopi pahit. Ini karena kombinasi keduanya dapat menurunkan tingkat energi di sepanjang hari. Akibatnya, bisa merasa lelah dan kurang bertenaga untuk melakukan aktivitas harian. Selain itu, perpaduan makanan manis dengan kopi juga dapat membuat rasa kopi menjadi hambar dan kurang bisa dinikmati.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata 3 Makanan Ini Sebaiknya Tak Dikonsumsi Berbarengan dengan Kopi"