Hagia Sophia

30 March 2024

Cara Pilih Daging Sapi dan Mengolahnya Agar Rendah Kolesterol

Foto: Getty Images/iStockphoto

Menjelang lebaran, banyak orang mulai menyiapkan makanan untuk perayaan Idul Fitri. Salah satu makanan istimewa yang biasa disajikan adalah olahan daging sapi. Namun, apakah sehat dikonsumsi orang dengan kolesterol tinggi?

Sebelum kamu membeli daging sapi dan mengolahnya, sebaiknya simak dulu artikel ini. Kita akan mengulas cara memilih daging sapi dan cara mengolahnya agar menjadi rendah kolesterol.

Memilih Daging Sapi Rendah Kolesterol

Berikut ini cara memilih daging sapi rendah kalori yang dilansir dari situs Cleveland Clinic.

1. Ketahui Kandungan Tiap Bagian Daging Sapi
Daging sapi dan olahannya termasuk makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi, seperti steak sapi, iga sapi panggang, dan daging giling. Namun ada bagian yang termasuk berkolesterol rendah.

Berikut ini kandungan kolesterol dan lemak dari 100 gram potongan daging sapi:
  • Brisket (sandung lamur) mengandung 63 mg kolesterol dan 2,5 gram lemak
  • Sirloin mengandung 89 mg kolesterol dan 5 gram lemak
  • Iga mengandung 94 mg kolesterol dan 18 gram lemak
  • Flank mengandung 303 mg kolesterol dan 13 gram lemak
  • Otak sapi dan jeroan (per 10 gram) mengandung 2.500 mg kolesterol

2. Pilih Daging Tanpa Lemak
Jika mau membeli daging sapi, pilihlah yang mengandung 90 persen daging giling atau potongan sapi tanpa lemak, misalnya tenderloin, sirloin, steak filet atau flank.

3. Batasi Konsumsinya
Menurut The American Heart Association (AHA), konsumsi potongan daging sapi tanpa lemak atau ayam tanpa kulit sebaiknya dibatasi kurang dari 6 ons atau 170 gram sehari.

Cara Mengolah Daging Sapi Rendah Kolesterol

Selain pemilihan daging, cara memasak pun mempengaruhi kandungan kolesterol.

Dikutip dari situs WebMD, berikut ini cara mengolah daging sapi agar tetap rendah kolesterol dan aman dikonsumsi saat lebaran.

1. Pakai Minyak yang Sehat
Sebagai ganti mentega, gunakan minyak yang lebih sehat. Cobalah gunakan sedikit minyak zaitun extra-virgin atau minyak kanola. Pilihan lainnya adalah minyak bunga matahari dan minyak kedelai.

2. Panggang Atau Bakar
Jangan mengolah daging sapi dengan menggorengnya. Sebagai gantinya, olah dengan cara memanggang atau bakar untuk mengurangi garam, lemak jenuh, dan lemak trans. Gunakan pula bumbu yang sehat.

3. Pakai Susu Rendah Lemak
Jika resepnya menggunakan susu murni, gunakanlah susu rendah lemak atau susu tanpa lemak. Jika menggunakan keju, pilih yang rendah lemak.

4. Konsumsi Pakai Biji-bijian Utuh
Sebagai pendamping daging sapi, gantilah nasi atau pasta dengan kandungan biji-bijian utuh. Misalnya pasta gandum utuh atau beras merah. Cek labelnya apakah terbuat dari biji-bijian utuh.

5. Singkirkan Bagian Atas Masakan
Masakan daging sapi berkuah yang sudah dingin akan membuat lemaknya mengeras. Langsung buang lemak yang mengambang di permukaan kuah, jangan diaduk terlebih dahulu.

6. Gunakan Putih Telur Saja
Jika dalam resep tertulis bahan telur, maka gunakan bagian putih telur saja, karena semua kandungan kolesterol ada dalam kuning telur. Gunakan dua putih telur untuk mengganti satu butir telur utuh.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai kandungan kolesterol pada daging sapi. Jadi, buat kalian yang diet kolesterol, pilihlah bagian daging yang tepat dan masak dengan cara yang tepat pula.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Banyak Olahan Daging Sapi Jelang Lebaran, Kolesterol Nggak Ya?"