Hagia Sophia

30 March 2024

BB dan Tinggi Badan Anak Terhambat? Mungkin Tanda Penyakit Jantung Bawaan

Kenali tanda-tanda masalah jantung pada anak (Foto: Getty Images/filadendron)

Sebagai orang tua, tentu senang rasanya melihat anak memiliki tumbuh kembang yang baik dan dapat beraktivitas seperti anak-anak pada umumnya. Jika berat badan dan tinggi badan anak terhambat, ada baiknya periksa karena bukan tidak mungkin itu tanda-tanda penyakit jantung bawaan.

Keterlambatan tumbuh kembang anak bisa menjadi lebih berbahaya karena menjadi salah satu indikasi terkena penyakit jantung. Seperti yang dikatakan oleh Dokter Spesialis Bedah Thoraks & Kardiovaskular, Konsultan Bedah Pediatrik, dr Budi Rahmat, SpBTKV (K), dari Siloam Hospitals Lippo Village.

"Ada tanda-tanda yang paling sederhana (anak mengidap penyakit jantung), yaitu keterlambatan tubuh kembang, lalu berat badannya tidak sesuai dengan umurnya," ungkap dr Budi saat ditemui dalam acara Media Gathering RS Siloam Lippo Village, Rabu (27/3/2024).

Senada dengan dr Budi, menurut Dokter Spesialis Anak, Konsultan Kardiovaskular, Dr dr Rubiana Sukardi, SpA (K), dari Siloam Hospitals Lippo Village, cara paling sederhana melihat keterlambatan pada pertumbuhan anak, dapat dilihat ketika dibandingkan dengan teman sebayanya.

Saat anak dirasa tidak dapat beraktivitas normal seperti anak-anak pada umumnya baik secara fisik maupun kemampuan berpikirnya, perlu diperhatikan dan segara diperiksakan ke dokter anak.

"Nah yang paling penting adalah kita membandingkannya sama temannya. Seperti membandingkan tinggi badan dengan teman sekolahnya," tutup dr Rubiana ketika diwawancarai dalam kesempatan yang sama.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berat-Tinggi Badan Anak Terhambat? Waspada, Bisa Jadi Penyakit Jantung Bawaan"