Hagia Sophia

07 March 2024

Kasus Penyakit Kusta di Indonesia Bertambah 14 Ribu Sepanjang Tahun 2023

Masih ada 14 ribu kasus baru kusta di 2023 (Foto: Getty Images/Hailshadow)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan situasi penyakit kusta di Indonesia sepanjang 2023. Tercatat ada 14.376 kasus baru kusta yang terlapor di 38 provinsi pada tahun 2023.

Dari total tersebut, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kemenkes, dr Imran Pambudi mengatakan prevalensi kasus kusta paling tertinggi yakni berasal dari wilayah Indonesia bagian Timur.

"Provinsinya paling banyak di daerah Papua umumnya masih tinggi kasusnya, kemudian di daerah Sulawesi Barat, dan Gorontalo, masih lumayan," ucapnya saat acara konferensi pers di kantor Kemenkes RI, Selasa (5/3/2024).

Dalam paparannya, Imran menyebut saat ini 90 persen kasus kusta tipenya multi-basiler (yang banyak bakterinya). Kemudian dari kasus kusta baru ada 8,20 persen yang menyerang anak-anak.

Ia juga mengatakan sekitar 5,7 persen pengidap kusta sudah mengalami disabilitas grade dua. Artinya masih ada pengidap yang ditemukan dalam fase lanjut, karena sudah di tahap mengalami cacat (disabilitas).

"Target kami adalah menemukan sebanyak mungkin penderita kusta. Tapi belum ada disabilitas sehingga masih bisa kami obati, karena kalau sudah disabilitas susah kami obatinya," ujarnya.

Di sisi lain, dr Imran juga menyoroti stigma terkait penyakit kusta yang beredar di masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa penyakit tersebut adalah penyakit kutukan yang mengerikan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Indonesia, dr Melani Marissa, SpDVE, Subsp DT, FINSDV, FAADV. Ia mengatakan zaman dulu pasien dengan penyakit kusta banyak dipasung di belakang rumahnya, bahkan sampai diasingkan.

"Stigma pada kusta itu tidak hanya terjadi karena orang lain yang melakukan stigma terhadap pasiennya, tapi stigma sendiri itu menjadi tantangan juga bagi kami sebagai klinisi yang menangani pasien kusta," ucapnya di acara yang sama.

"Kadang-kadang pasien ini begitu dikasih tahu 'bapak ibu sakitnya adalah kusta, dia langsung sedih, langsung nangis, langsung tidak percaya diri, langsung dipikirannya itu langsung berpikir bahwa oh saya akan dikucilkan, saya terkena kuman yang tak bisa sembuh dan sebagainya," lanjutnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus Kusta di RI Tambah 14 Ribu di 2023, Terbanyak di Wilayah Ini"