Hagia Sophia

07 March 2024

Para Ilmuwan Ingin Pasang Kabel Fiber Optik di Bulan

Ilmuwan berencang gali Bulan dan tanam kabel fiber optik di dalamnya. Foto: (Dokumentasi Pesawat Orion-NASA)

Para ilmuwan berencana untuk memasang kabel fiber optik di permukaan Bulan. Langkah ini diyakini dapat mengungkap berbagai macam teka-teki satelit alami Bumi tersebut yang sampai saat ini masih jadi misteri.

Ya, Bulan tengah jadi 'buruan' para penjelajah antariksa yang diketahui masih belum terungkap sepenuhnya karakteristiknya. Persoalan itu yang ingin diungkap para ilmuwan.

Selama ini, ahli seismologi telah lama dapat memecahkan rahasia perut bumi melalui gelombang seismik pakai kabel fiber optik. Cara tersebut akan ditiru dan diterapkan ilmuwan di Bulan nantinya.

Sebagaimana dikutip dari Earth, Selasa (5/3/2024) berdasarkan studi yang dilakukan oleh Wenbo Wu dan rekan-rekannya dari Woods Hole Oceanographic Institute telah mengusulkan ide gila, yakni menggali permukaan Bulan yang kemudian ditanamkan kabel fiber optik di dalamnya.

Melalui Distributed Acoustic Sensing (DAS), teknologi yang diusulkan itu tak hanya mengamati aktivitas seismik, tapi juga mendefinsikan ulang observasi di bawah permukaan Bulan.

Memanfaatkan ketidaksempurnaan kecil pada kabel serat optik panjang yang diletakkan di bawah regolit Bulan, DAS akan mengubah kekurangan tersebut menjadi rangkaian sensor seismik yang padat.

Sebuah kabel, seperti yang disoroti oleh Wu, dapat menawarkan ribuan sensor individual, kepadatan yang tidak dapat dicapai dengan metode tradisional.

Teknologi DAS ini mampu menangkap dan menganalisis gelombang seismik yang terganggu oleh gempa Bulan, sehingga menawarkan gambaran terperinci tentang intrik internal Bulan.

Salah satu kendala signifikan dalam seismologi bulan adalah regolit Bulan, selimut puing-puing berpori dan retak yang menyebarkan gelombang seismik awal gempa Bulan. Kabel serat optik dipandang jadi solusinya

Jika penggelaran kabel fiber optik terealisasi, jaringan seismik serat optik di bulan dapat beroperasi selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, dengan ketentuan daya dan pemeliharaan yang tepat.

Selain itu, kemungkinan untuk mengintegrasikan jaringan seismik ini dengan inisiatif bulan lainnya, seperti usulan teleskop radio di sisi jauh Bulan, dapat menghemat dan memperkuat hasil ilmiah.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Wow! Ilmuwan Ingin Pasang Kabel Fiber Optik di Bulan"