Hagia Sophia

08 March 2024

Liga Europa: Sparta Praha Dikalahkan Liverpool 1-5

Liverpool menang 5-1 di kandang Sparta Praha (AP/Petr David Josek)

Liverpool mendekatkan diri dengan Perempatfinal Liga Europa 2023/2024. Ini setelah The Reds menang 5-1 atas Sparta Praha.

Pada leg pertama Babak 16 Besar Liga Europa di epet ARENA, Jumat (8/3/2024) dini hari WIB, Liverpool unggul 3-0 di babak pertama lewat sepasang gol Darwin Nunez dan penalti Alexis Mac Allister.

Sparta sempat mencetak gol lewat bunuh diri Conor Bradley. Dua gol Liverpool di babak kedua diciptakan Luis Diaz dan Dominik Szoboszlai.

Hasil ini memudahkan langkah Liverpool ke babak selanjutnya mengingat leg kedua dihelat di Anfield pekan depan.

Jalannya pertandingan

Baru dua menit laga berjalan, Darwin Nunez sudah punya kans untuk bikin gol saat tinggal berhadapan dengan kiper. Dia bisa melewatinya, tapi bola sepakannya dengan mudah dihalau dua bek Sparta Praha.

Liverpool membuka keunggulan pada menit keenam. Diawal kesalahan Asger Sorensen saat menerima umpan pendek dari kiper, bola direbut Alexis Mac Allister yang kemudian dijatuhkan di kotak terlarang.

Wasit menunjuk titik putih dan Mac Allister jadi eksekutornya untuk mengecoh kiper Sparta Peter Vindahl, sehingga skor berubah 1-0 untuk tim tamu.

Penalti Alexis Mac Allister membawa Liverpool memimpin 1-0. Foto: (REUTERS/David W Cerny)

Tertinggal satu gol malah membuat Sparta tersengat dan mereka menekan habis Liverpool. Pada menit ke-15, Sparta melakukan serangan balik dari sisi kanan dan diakhiri dengan crossing Jan Kuchta ke tiang jauh.

Lukas Haraslin menyambut dengan sontekan tapi bola bisa ditepis Caoimhin Kelleher. Bola muntah yang mengarah ke gawang dengan cepat dihalau Joe Gomez.

Kelleher kembali beraksi pada menit ke-21 saat dia melompat untuk men-tip bola tandukan Carlos Preciado di kotak penalti setelah terjadi kemelut karena sepak pojok.

Liverpool yang banyak ditekan malah menggandakan keunggulan pada menit ke-25 lewat Nunez. Bola panjang ke sisi kiri yang ditempat Luis Diaz diakhiri dengan umpan pendek ke Nunez.

Nunez sejenak menguasai bola untuk kemudian menembak dari jarak 30 yard dan masuk ke tengah gawang Sparta.

Sparta kembali mengancam gawang Liverpool pada menit ke-37 saat Kutcha menusuk dari sisi kiri dan menembak ke pojok gawang. Kelleher bisa menepisnya dan bola muntah yang coba disambar Veljko Birmancevic malah melebar.

Gakpo melewatkan dua peluang emas di sisa lima menit akhir lag. Pertama pada menit ke-41 ketika tembakannya ke sudut kanan bisa ditepis Vindahl, lalu pada menit ke-44 dari jarak dekat.

Sparta sempat mendapat peluang di masa injury time dari Haraslin, tapi lagi-lagi Kelleher bisa membendung bola sepakannya dari jarak dekat.

Nunez! Penyerang Uruguay itu membuat Liverpool menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0. Berawal dari bola panjang Mac Allister, Nunez melebar ke kanan untuk mengejar dan langsung melepaskan sepakan first time yang menghujam pojok kanan gawang.

Gol ketiga Liverpool yang dibuat Darwin Nunez. (Foto: Liverpool FC via Getty Images/Nick Taylor/Liverpool FC)

Babak kedua baru berjalan semenit, gawang Liverpool bobol karena Conor Bradley salah mengantisipasi umpan silang dan malah mengarahkan bola ke jala Kelleher.

Sparta kemudian bikin peluang lagi lewat Haraslin pada menit ke-48. Dari jarak dekat, Haraslin punya ruang tembak tapi bola bisa dibendung Kelleher untuk jadi korner.

Liverpool menjauhkan keunggulan jadi 4-1 berkat gol Diaz pada menit ke-53. Kerjasama Bradley dan Elliott di sisi kanan penyerangan Liverpool dituntaskan Diaz dengan sontekan di depan gawang, bola membentur kaki Vitik sebelum menaklukkan kiper Sparta.

Luis Diaz membuat skor jadi 4-1 di babak kedua. (Foto: REUTERS/David W Cerny)

Dua menit kemudian Sparta nyaris mencetak gol indah dari tengah lapangan saat Preciado melepaskan sepakan lambung. Bola mengarah ke atas gawang tapi Kelleher dengan sigap men-tip.

Vindahl menggagalkan peluang Gakpo untuk keempat kalinya pada menit ke-63. Kali ini dia dengan sigap menepis bola di garis gawang.

Mohamed Salah yang masuk sebagai pengganti sempat bikin gol pada menit ke-85 usai menerima umpan Dominik Szoboszlai. Tapi, VAR menganulirnya karena Gakpo yang terjebak offside dianggap ikut dalam permainan.

Szoboszlai memastikan kemenangan Liverpool jadi 5-1 di menit akhir injury time. Mendapat umpan daerah dari Elliott, Szoboszlai melakukan solo run hingga kotak penalti sebelum menjebol gawang Sparta dari jarak dekat.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Sparta Praha Vs Liverpool: The Reds Pesta Gol 5-1"