Hagia Sophia

08 March 2024

Pelawak Srimulat Polo Meninggal Dunia, Ini Riwayat Sakitnya

Polo Srimulat meninggal dunia. (Foto: Ismail/detikHOT)

Komedian Barata Nugraha atau yang dikenal sebagai Polo Srimulat meninggal dunia. Kabar tersebut diketahui dari pesan yang dikirim oleh kerabatnya, Tessy Srimulat, pada Rabu (6/3/2024).

Polo dikabarkan meninggal dunia pukul 12.10 WIB di rumah sakit swasta di Bekasi.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke sisi Allah SWT Barat Nugraha atau Pak Polo," berikut bunyi pesan tersebut.

Sebelum meninggal dunia, Polo Srimulat diketahui mengidap penyakit paru-paru. Pada Agustus 2020, ia dirawat rumah sakit karena sakit paru-paru hingga harus masuk ICU. Ia sempat dirawat selama hampir dua minggu, dan Polo saat itu diperbolehkan pulang ke rumah.

Hal ini juga diungkapkan oleh sahabatnya Kadir Srimulat. Ia mengatakan awalnya Polo sakit kencing manis. Namun, memang penyakit paru-paru yang membuat Polo harus keluar masuk rumah sakit.

"Pak Polo mulai dulu sakitnya yang saya tahu kena kencing manis. Kedua, dia punya penyakit paru-paru. Setahu saya sudah tiga kali," kata Kadir yang dikutip dari InsertLive, Kamis (7/3).

"Pertama sampai badannya tuh kurus habis masuk rumah sakit. Beberapa tahun kemudian kambuh lagi masuk rumah sakit, sembuh lagi. Nah, ini yang terakhir kambuh nggak sembuh-sembuh dan makin berat gini," jelasnya.

Kadir mengungkapkan kondisi Polo saat awal sakit paru-paru tidak separah ini. Dari kondisi terakhirnya, Polo terus mengeluhkan sesak napas hingga harus membawa oksigen kemana-mana.

"Setiap hari dia itu sesak terus napasnya yang dikeluhkan. Di rumah sakit sama dokter disuruh istirahat, di rumah saja. Tapi, setiap hari bawa oksigen, kemana-mana bawa oksigen," ungkapnya.

Anak dari Polo, Sebastian, juga menceritakan kronologi ayahnya meninggal. Meski sakit paru-paru, kondisi Polo sempat membaik tiga hari terakhir.

Namun, saat subuh pada Rabu (6/3) itu, Polo merasa tidak enak badan. Ia bahkan batuk dan mengeluarkan percikan darah.

"Dan tadi pagi kondisi bapak batuk-batuk ada bercak darah. Dari pagi, setengah 5. Kondisi baik banget kemarin tuh," jelas Sebastian dalam sambungan telepon, Rabu (6/3).

Namun, Polo menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit. Ia meninggal di usia 61 tahun.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Riwayat Sakit Polo Srimulat Sebelum Meninggal, Sempat Kencing Manis-Batuk Darah"