Hagia Sophia

06 March 2023

Ini Sebabnya Gampang Mulas di Pagi Hari

Kenapa gampang mules di pagi hari? (Foto: iStock)

Bagi sebagian orang, mules di pagi hari adalah bagian dari rutinitas. Namun ternyata, para ahli menemukan bahwa buang air besar di pagi hari adalah hal yang baik untuk kesehatan.

Secara alami, tubuh lebih siap membuang kotorannya di pagi hari. "Di pagi hari, saat kita pertama kali bangun, jam alarm internal berbunyi di usus besar kita, dan usus besar mulai berkontraksi lebih kuat," sebut ahli gastroenterologi Sarina Pasricha, MD, dikutip dari Fatherly, Minggu (5/3/2023).

Buang air besar di pagi hari memiliki hubungan dengan apa yang terjadi di dalam tubuh saat kita tertidur. Ketika tidur, usus kecil dan usus besar bekerja untuk memproses semua sisa makanan di hari itu. Setelah bangun tidur, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk timbul rasa ingin buang air besar.

Rutinitas di pagi hari, seperti peregangan, minum air putih, dan meneguk kopi dapat membantu melancarkan pencernaan dan memicu buang air besar. Minum kopi di pagi hari, utamanya, bekerja secara sinergis dengan motilitas usus untuk menciptakan gerakan usus yang sehat.

Jika bukan penggemar kopi, tips efektif lainnya untuk dapat buang air besar di pagi hari adalah dengan meminum segelas air garam hangat yang ditambahkan sedikit lemon. Minuman ini dapat membuat usus bergerak dan membersihkan sisa makanan.

Meskipun begitu, tak perlu khawatir jika tidak membuang air besar di setiap pagi. Tidak semua orang harus buang air besar di setiap pagi dan tidak ada batasan pula berapa kali sehari harus buang air.

Faktanya, justru yang penting bukan tentang berapa kali sehari tubuh membuang air besar, melainkan konsistensi dari buang air besar tersebut. Frekuensi buang air besar adalah penanda kesehatan yang penting. Dalam sehari, setidaknya tubuh harus mengeluarkan satu kotoran sehari. Tiga kali seminggu hingga tiga kali sehari dianggap kisaran normal. Jika lebih dari itu, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

Untuk membuang kotoran di pagi hari secara teratur dan sehat, terapkanlah pola hidup yang sehat. Diet dan olahraga membuat perbedaan besar antara mereka yang buang air besar mingguan dengan yang harian.

Tidur teratur juga berperan penting dalam mengatur seberapa sering tubuh buang air besar. Gangguan pada tidur dapat menyebabkan peristaltik dalam tubuh berubah. Hal inilah yang menyebabkan seseorang buang air besar secara tidak teratur.




















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terjawab! Ternyata Ini Sebabnya Gampang Mules di Pagi Hari"