Hagia Sophia

06 March 2023

Sayuran Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Pengidap Kolesterol

Apa saja sayuran yang tidak boleh dimakan pengidap kolesterol? Cek faktanya di sini. (Foto: Thinkstock)

Sayur-sayuran merupakan sumber gizi yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, ada lho ada sayuran yang tidak boleh dimakan untuk pengidap kolesterol.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh. Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

Jika dibiarkan, kolesterol tinggi bisa menumpuk di pembuluh darah hingga memicu risiko penyakit serius, seperti serangan jantung dan stroke. Maka dari itu, pengidap kolesterol harus menghindari makanan-makanan tertentu.

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Kolesterol

Dikutip dari laman UCHSF, kolesterol hanya dapat ditemukan dalam produk hewani. Buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan produk nabati lainnya tidak memiliki kadar kolesterol.

Alih-alih menghindari sayuran, justru pengidap kolesterol tinggi disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran. Akan tetapi, proses pengolahan sayuran juga berpengaruh terhadap kadar kolesterol di dalam tubuh. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah olahan sayuran yang tidak boleh dimakan pengidap kolesterol.

1. Digoreng
Belum lengkap rasanya, jika makan tanpa lalapan kol goreng. Namun makanan ini harus dibatasi karena mengandung kalori dan lemak trans yang tinggi sehingga meningkatkan LDL yang memicu penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2. Ditambahkan Gula Berlebih
Kandungan kolesterol tinggi juga dapat ditemukan dalam makanan yang mengandung gula berlebih. Terlebih, nutrisinya kerap kali tidak seimbang antara gula dengan vitamin yang diperlukan tubuh.

Makanan Pantangan Pengidap Kolesterol

Selain harus menghindari makanan manis dan makanan yang digoreng, pengidap kolesterol juga pantang mengonsumsi sejumlah makanan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah makanan yang memicu kolesterol tinggi:
  • Makanan siap saji (fast food)
  • Daging olahan
  • Jeroan
  • Kuning telur
  • Popcorn
  • Udang
Di samping mengonsumsi makanan bergizi, pengidap kolesterol juga harus rutin memeriksakan kadar kolesterolnya. Hal ini diperlukan agar kolesterol bisa diatasi dengan baik.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apa Saja Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Kolesterol? Cek di Sini"