Hagia Sophia

06 March 2023

Tak Bisa Ingat Anak, Nani Wijaya Idap Demensia

Nani Wijaya idap demensia yang menyebabkan dirinya lupa dengan anak-anaknya. (Foto: detikHOT)

Aktris senior Nani Wijaya (78) masih menjalani perawatan intensif di RS Fatmawati, Jakarta Selatan akibat mengalami sesak napas beberapa hari yang lalu. Hingga saat ini, kondisinya masih belum stabil dan dirawat di ruang ICU.

Secara fisik, Nani Wijaya memang jarang sakit. Namun, ia sudah lama mengidap demensia atau penurunan daya ingat.

Putri Nani Wijaya, Cahya Kamila, mengungkap bahwa sang ibu kerap bersikap seperti anak kecil. Pemeran Emak dalam sinetron 'Tukang Bubur Naik Haji' juga disebut-sebut sudah lupa dengan anak-anaknya.

"Sudah nggak ingat sama sekali (dengan anak-anak). Makin ke sini, ingat kalau dipancing, nanti lama-lama makin galak, makin enggak kenal, lama-lama ngelihat saja, lama-lama teriak kayak bayi," ucap Cahya dikutip dari InsertLive, Senin (6/3/2023).

Kondisi tersebut membuat Cahya dan saudara-saudaranya yang lain merasa sedih. Meski demikian, mereka perlahan sudah mulai bisa menerima hal tersebut.

"Daya ingatnya makin menurun, makin kayak anak kecil. Pasti sedih, tapi karena kondisi ibu sudah lama seperti itu, tapi karena melihat ibu mengalami penurunan, kita sudah lebih siap untuk menerima keadaan ibu," tutur Cahya.

Mengenal Demensia

Dikutip dari Alzheimer Association, demensia merupakan kondisi yang memicu penurunan keterampilan berpikir, juga dikenal sebagai kemampuan kognitif, cukup parah untuk mengganggu kehidupan sehari-hari dan fungsi mandiri. Demensia juga mempengaruhi kondisi psikis seperti perilaku, perasaan dan hubungan.

Penyakit Alzheimer menyumbang 60-80 persen kasus demensia. Penyebab umum kedua demensia yaitu demensia vaskular, yang terjadi karena perdarahan mikroskopis dan penyumbatan pembuluh darah di otak.

Mereka yang mengalami perubahan otak dari berbagai jenis demensia secara bersamaan mengalami demensia campuran. Ada banyak kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala demensia, termasuk beberapa yang bersifat reversibel (bisa disembuhkan), seperti masalah tiroid dan kekurangan vitamin.

Perlu diketahui, demensia tidak sama dengan pikun. Pikun sendiri merupakan perubahan kemampuan berpikir dan mengingat yang dialami seiring pertambahan usia.

Gejala Demensia

Berikut adalah gejala yang dialami pengidap demensia:
  1. Gangguan daya ingat
  2. Sulit fokus
  3. Sulit melakukan kegiatan yang familiar
  4. Disorientasi (kebingungan akan waktu dan tempat)
  5. Kesulitan memahami visuospasial (memahami jarak dan ruang dari penglihatan mata)
  6. Gangguan komunikasi
  7. Menaruh barang tidak pada tempatnya
  8. Sulit membuat keputusan
  9. Menarik diri dari lingkungan sekitar
  10. Perubahan perilaku dan kepribadian























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nani Wijaya Idap Demensia, Sudah Tak Bisa Ingat Anak"