Hagia Sophia

06 March 2023

Terdeteksi di Inggris, Penyakit Kulit Blister Langka Tertular dari Kucing

Inggris melaporkan tiga kasus penyakit kulit blister langka yang ditularkan oleh kucing. (Foto: Thinkstock)

Penyakit kulit blister langka yang ditularkan oleh kucing telah terdeteksi di Inggris untuk pertama kalinya. Sebelumnya, infeksi langka yang ditularkan kucing tersebut belum pernah ada kasus di luar Amerika Selatan.

Dikutip dari Dailymail, tiga orang yang terpapar penyakit kulit blister langka mengalami infeksi jamur, luka, hingga muncul bisul di area tangan, pergelangan, dan lengan tangan mereka.

Ketiga kasus tersebut merupakan seorang ibu 63 tahun yang berasal dari Brasil Tenggara dan telah tinggal di Inggris selama 3 tahun, putri dari ibu tersebut yang berusia 30 tahun, dan dokter hewan yang berusia 20-an.

Kepala kesehatan pemerintah setempat mengklaim ketiganya tertular infeksi jamur sporotrichosis brasiliensis penyebab penyakit kulit tersebut dari kucing yang sama.

Adapun kucing yang kemungkinan bertanggung jawab atas kasus ini adalah kucing domestik jantan berambut panjang berusia 9 tahun, yang telah diselamatkan oleh ibu dan putrinya tersebut dari Brasil Tenggara, tempat jamur tersebut menyebar luas. Mereka membawanya kucing tersebut ke Inggris bersama saat mereka pindah. Meskipun demikian, ketiganya kini dilaporkan sudah pulih sepenuhnya.

Sebagaimana diketahui, jamur sporotrichosis bisa menyebar oleh gigitan atau goresan dari kucing yang terinfeksi. Sampai saat ini belum ada catatan kasus penularan dari manusia ke manusia.

Gejala pertama biasanya benjolan kecil berwarna merah muda, merah atau ungu tanpa rasa sakit, yang biasanya muncul di jari, tangan atau lengan tempat jamur pertama kali masuk melalui kulit yang terkena goresan atau gigitan.

Benjolan atau nodul terbuka tersebut kemudian berkembang, yang mulai terlihat seperti bisul. Karena sebagian besar kasus sporotrichosis hanya melibatkan kulit atau jaringan di bawah kulit, CDC mengatakan sebagian besar diobati dengan resep obat antijamur selama beberapa bulan.

Jika infeksi parah dan mempengaruhi bagian lain dari tubuh, obat berupa intravena mungkin diberikan. Sementara orang dengan sporotrichosis di paru-paru mungkin perlu operasi untuk mengangkat jaringan yang rusak.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Inggris Laporkan 3 Kasus Penyakit Kulit Blister Langka, Tertular dari Kucing"