Hagia Sophia

31 May 2023

Beberapa Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Ilustrasi minyak ikan. Foto: Getty Images/Shana Novak

Minyak ikan adalah minyak yang diekstraksi dari jaringan ikan dan termasuk sumber asam lemak omega-3 yang tinggi. Suplemen minyak ikan ini tersedia dalam bentuk cair, kapsul, maupun pil.

Banyak orang mengambil manfaat minyak ikan untuk efek anti-inflamasi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan untuk makan 1-2 porsi ikan per minggu.

Ketahui beberapa manfaat minyak ikan bagi tubuh dan bagaimana cara mengkonsumsi minyak ikan yang baik berikut ini.

Manfaat Minyak Ikan

Asam lemak omega-3 pada ikan dan minyak ikan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk perlindungan terhadap sejumlah penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat minyak ikan:

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Dilansir Mayo Clinic, manfaat minyak ikan yaitu bisa membantu penurunan tekanan darah, terutama pada orang dengan tekanan darah level tinggi.

2. Membantu Mencegah dan Mengelola Penyakit Jantung
Minyak ikan omega-3 mengandung asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Di mana asam lemak tersebut merupakan nutrisi penting yang penting dalam mencegah dan mengelola penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan sumber minyak ikan setidaknya dua kali seminggu, bisa memiliki risiko lebih rendah kematian akibat penyakit jantung.

3. Menurunkan Trigliserida dan Kolesterol Tinggi
Kandungan asam lemak omega-3 minyak ikan bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida darah secara signifikan.

4. Membantu Menurunkan Artritis Reumatoid (Peradangan Sendi)
Suplemen minyak ikan juga bermanfaat dalam membantu mengurangi rasa sakit, memperbaiki kekakuan di pagi hari, dan meredakan nyeri sendi pada penderita rheumatoid arthritis. Dalam hal ini, minyak ikan mungkin cukup untuk mengurangi kebutuhan akan obat antiradang.

5. Membantu Mengobati Kondisi Kesehatan Mental Tertentu
Dikutip dari Healthline, dalam sebuah jurnal tahun 2018 dalam National Library of Medicine oleh Lorena Gimenez da Silva-Santi, dkk dari State University of Maringá, menunjukan bahwa omega-3 berperan penting untuk fungsi otak ynag khas.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kondisi kesehatan mental tertentu mempunyai kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah.

Dalam hal ini, konsumsi minyak ikan bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan gangguan psikotik bagi mereka yang berisiko, mengurangi gejala skizofrenia, dan gangguan bipolar.

Meskipun data yang tersedia masih kurang konsisten. Artinya, diperlukan lebih banyak studi terkait manfaat di bidang ini.

6. Mendukung Kesehatan Mata
Bénédicte M J Merle, dkk, dari University Paris Est Créteil dalam penelitian tahun 2014, menuliskan bahwa orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 memiliki risiko penyakit mata yang lebih tinggi.

Makan ikan bisa membantu mencegah mata. Namun, masih belum jelas apakah suplemen ikan bisa memiliki efek yang sama. Pasalnya studi mengenai manfaat ini masih sangat kecil.

7. Membantu Mengurangi Peradangan
Studi tahun 2019 yang dilakukan oleh Magnus Bäck dan Göran K Hansson dalam National Library of Medicine, menunjukkan bahwa minyak ikan memiliki sifat antiradang, yang mungkin bisa membantu mengobati kondisi yang melibatkan peradangan kronis.

Contohnya, peningkatan berat badan atau stres (yang bisa menyebabkan tingkat peradangan lebih tinggi).

8. Membantu Mendukung Kesehatan Kulit
Suplemen minyak ikan bermanfaat untuk mendukung kesehatan kulit yang bisa mencegah sejumlah gangguan kulit. Misalnya dermatitis dan psoriasis.

9. Mendukung Pertumbuhan Kehamilan
Penelitian tahun 1991 oleh A. P. Simopoulos dari Center for Genetics, Nutrition and Health, Washington, DC, mengungkapkan bahwa kandungan omega-3 sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan awal kehamilan.

Oleh karena itu, mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilan bisa meningkatkan perkembangan otak janin dan juga meningkatkan perkembangan visual bayi.

10. Membantu Mengurangi Lemak Hati
Suplemen minyak ikan bermanfaat dalam memperbaiki fungsi hati dan peradangan, yang bisa membantu mengurangi gejala Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD).

11. Membantu Memperbaiki Gejala Depresi
Seseorang yang depresi berat tampaknya memiliki kadar omega-3 dalam darah yang rendah. Oleh karena itu, suplemen minyak ikan bisa membantu dalam memperbaiki gejala depresi.

12. Meningkatkan Perhatian dan Hiperaktif Pada Anak
Manfaat minyak ikan untuk anak adalah membantu meningkatkan perhatian dan hiperaktif. Pasalnya, omega-3 membentuk proporsi otak yang signifikan.

13. Membantu Mencegah Gejala Penurunan Mental
Suplemen ikan dipercaya mampu membuat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa tua yang sehat.

14. Membantu Memperbaiki Gejala Asma
Asupan ikan dan minyak ikan yang tinggi bisa membantu mengurangi risiko asma dan alergi pada anak. Di mana, asma dapat menyebabkan pembengkakan di paru-paru dan sesak napas.

15. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang
Asupan omega-3 yang tinggi juga dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi. Sehingga, ikan juga bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit tulang. Namun belum jelas apakah suplemennya bisa bermanfaat di bidang ini juga.

Efek Samping Minyak Ikan

Dilansir laman kesehatan WebMD, ada beberapa kemungkinan efek samping dari mengkonsumsi minyak ikan omega-3, di antaranya:
  • Menimbulkan rasa amis di mulut
  • Membuat napas berbau amis
  • Sakit perut
  • Buang air besar
  • Mual
  • Ruam
  • Mulas atau diare
Penting untuk diketahui, mengkonsumsi lebih dari 3 gram minyak ikan setiap hari juga bisa meningkatkan risiko pendarahan. Selain itu, mengkonsumsi suplemen minyak ikan dosis tinggi akan meningkatkan risiko pendarahan dan kemungkinan meningkatkan risiko stroke.

Jika ingin mengkonsumsi suplemen minyak ikan omega-3 dengan dosis yang lebih tinggi, lebih baik bicarakan terlebih dahulu dengan dokter.

Aturan Minum Suplemen Minyak Ikan

The American Heart Association (AHA) mengatakan mengkonsumsi minyak ikan aman hingga 3 gram setiap hari dalam bentuk suplemen. Jangan mengkonsumsi lebih dari itu, kecuali kamu telah membicarakannya dengan dokter.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "15 Manfaat Minyak Ikan bagi Tubuh serta Efek Sampingnya"