Hagia Sophia

23 May 2023

Diduga ada UFO, Bandara di Turki Tutup 12 Jam

Ilustrasi bandara (Foto: Airports Council International Europe)

Satu bandara di Turki terpaksa ditutup selama 12 jam. Penutupan itu dipicu keberadaan objek terbang tak teridentifikasi atau unidentified flying object (UFO) di wilayah bandara.

Dilansir Hurriyet Daily News, Senin (22/5/2023), UFO itu terdeteksi di wilayah udara Bandara Gaziantep, Turki. Insiden ini kemudian membuat otoritas setempat menutup bandara selama 12 jam.

Akibatnya, ada 26 penerbangan di bandara itu yang harus dibatalkan. UFO itu terdeteksi oleh awak kokpit dari dua pesawat penumpang pada ketinggian 9.000 kaki atau sekitar 2.743 meter di bagian selatan Provinsi Gaziantep pada Sabtu (20/5) tengah malam waktu setempat.

Para pilot melaporkan situasi itu kepada Menara Air Kontrol Lalu Lintas Udara (ATC) Gaziantep. Para pejabat setempat menyebut operator ATC setempat juga mengonfirmasi keberadaan objek terbang tak teridentifikasi itu.

Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut soal bentuk atau wujud dari objek terbang tak teridentifikasi itu. Asal objek terbang itu mengudara juga tidak diketahui secara jelas.

Sejumlah penerbangan pun terpaksa ditangguhkan di Bandara Gaziantep. Beberapa pesawat yang dijadwalkan mendarat di Bandara Gaziantep harus dialihkan ke bandara lain yang ada di provinsi-provinsi lainnya, seperti Sanliurfa dan Adana.

Total, ada 26 penerbangan, yang terdiri atas 13 penerbangan keberangkatan dan 13 penerbangan kedatangan harus dibatalkan akibat penutupan bandara di Turki itu.

Operasional penerbangan di bandara tersebut kembali normal setelah 12 jam. Ratusan penumpang berada di bandara menunggu penerbangan.

Beberapa penerbangan maskapai Turkish Airlines dari Bandara Istanbul dan sejumlah penerbangan maskapai AnadoluJet dari Bandara Sabiha Gokcen menuju Gaziantep juga mengalami penundaan akibat keberadaan UFO tersebut. Penerbangan kedua maskapai itu baru lepas landas dari Istanbul pada siang hari.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Utama Otoritas Bandara Negara Bagian (DHMI) Bandara Gaziantep, pemberitahuan Notice to Air Missions (NOTAM) tidak diterbitkan saat insiden itu terjadi pada akhir pekan.

NOTAM merupakan peringatan dari otoritas penerbangan untuk memberitahu para pilot soal adanya pekerjaan, pelayanan, metode atau bahaya sepanjang rute penerbangan atau di suatu lokasi yang bisa mempengaruhi penerbangan dan setiap perubahan secara berkala diberitahukan kepada otoritas terkait operasional penerbangan.

























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Kala UFO Bikin Bandara Turki Tutup 12 Jam Lamanya"