Hagia Sophia

23 May 2023

Setelah 9 Bulan di Orbit Bumi, China Daratkan Pesawat Misteriusnya

Pesawat Misterius China Lepas Benda Aneh di Luar Angkasa. Foto: Yahoo News

Baru-baru ini, China mendaratkan pesawat misteriusnya setelah 9 bulan berada di orbit Bumi. Pesawat itu diawasi beberapa pihak di Amerika Serikat dan mereka mendapat temuan aneh.

China pun menjadi salah satu dari sedikit negara yang mampu meluncurkan pesawat ulang alik. "Kesuksesan dari eksperimen ini menandai terobosan signifikan dalam riset negara kami terhadap teknologi pesawat ulang-alik," tulis Xinhua.

Namun seperti dikutip detikINET dari Live Science, pemerintah China hanya merilis sangat sedikit informasi tentang pesawat tersebut. Baik detail desainnya, kemampuan, dan kinerjanya sejauh ini masih misterius.

Pakar menilai kemungkinan pesawat itu mirip dengan Boeing X-37B, pesawat luar angkasa AS yang juga misterius dan debut di tahun 2010. Kevin Pollpeter, peneliti di Center for Naval Analyses, mengatakan X-37B memicu kekhawatiran China dan mungkin mendorong mereka mengembangkan versinya sendiri.

Seperti halnya X-37B, pesawat China itu tampaknya tak berawak dan ukurannya relatif kecil. Ia terpantau pertama kali terbang September 2020 selama dua hari ke orbit sebelum kembali. Misi terbarunya dimulai Agustus 2022, lepas landas dengan roket Long March 2F dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan.

Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), pesawat itu melepas benda aneh ke orbit sekitar bulan Oktober. Objek itu tampaknya menghilang di Januari, namun tiba-tiba muncul kembali di radar bulan Maret. Sejauh ini, benda itu belum dapat diidentifikasi.

Kemungkinan, pesawat misterius itu memiliki semacam kemampuan lengan robot. Jika benar demikian, maka tujuan utama pesawat mungkin untuk memperbaiki satelit yang rusak atau mengambil puing-puing orbit. Namun, teori ini tidak mengesampingkan kemungkinan adanya kemampuan militer tertentu atau fitur lainnya dari pesawat itu.

























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Pesawat Misterius China Lepas Benda Aneh di Luar Angkasa"