Hagia Sophia

05 May 2023

Ini Penampakan Kanker Kulit Terkecil di Dunia

Ilustrasi operasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Dokter kulit menemukan melanoma terkecil di dunia. Ukuran kanker kulit tersebut bahkan kurang dari 1 milimeter.

Kondisi tersebut dialami oleh wanita bernama Christy Staats. Dia tak pernah menyangka titik merah di bawah matanya merupakan gejala kanker kulit.

Titik kecil, yang diukur hanya 0,65mm dan hampir tidak terlihat oleh mata manusia, ditemukan sebagai melanoma, jenis kanker kulit paling mematikan.

"Selama COVID, saya mulai lebih memikirkan kesehatan saya. Saya memiliki cermin pembesar di kamar mandi saya dan melihat tempat yang saya khawatirkan jauh lebih besar dan memiliki 'kaki' di atasnya," katanya dalam rilis dari Oregon Health and Science University (OHSU) dikutip Kamis (4/5/2023).

Selama pemeriksaan dengan dermatologis di OHSU, dokter melihat ada bintik kecil lain di dekatnya: Titik yang lebih kecil dari ujung bolpoin halus, dan hampir tidak terlihat oleh mata manusia.

Penampakan kanker kulit terkecil di dunia. Foto: Oregon Health and Science University (OHSU)

Dokter yang menanganinya menemukan sel atipikal yang terkait dengan melanoma dan mengatakan kepada Staats bahwa sel tersebut ini bisa menjadi kanker kulit terkecil yang pernah terdeteksi. Temuan tersebut juga sudah dipublikasikan dalam jurnal medis Dermatology Practical & Conceptual.

Untuk mengkonfirmasi temuannya, ia mengambil biopsi fisik dan timnya menggunakan patologi dan pengujian molekuler untuk mendiagnosis Staats dengan tahap melanoma paling awal, juga dikenal sebagai melanoma in situ.

Meski melanoma cenderung jarang dialami mereka yang terkena kanker kulit, kondisi tersebut menyebabkan sebagian besar kematian akibat kanker kulit.

Melanoma umumnya disebabkan oleh cahaya ultraviolet (UV), yang berasal dari matahari. Gejala utama adalah tahi lalat baru atau perubahan pada yang sudah ada, yang dapat berada di mana saja di tubuh tetapi paling umum di daerah yang sering terpapar matahari.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penampakan Kanker Kulit Terkecil di Dunia, Yakin Bisa Lihat?"