Hagia Sophia

05 May 2023

Liga Inggris: Dengan Penalti, Brighton Tumbangkan Manchester United 1-0

Brighton menang 1-0 atas MU (Foto: AFP via Getty Images/GLYN KIRK)

Brighton & Hove Albion mampu mengalahkan Manchester United 1-0 lewat laga dramatis. Gol dari penalti di menit akhir tumbangkan Setan Merah.

Brighton & Hove Albion vs MU tersaji di Amex Stadium pada laga lanjutan Liga Inggris, Jumat (5/5). Jual beli serangan terjadi sepanjang laga.

Namun, kedua tim sama-sama gagal menuntaskan peluang jadi gol hingga menit akhir. Saat laga sepertinya bakal berakhir imbang, Brighton mendapat hadiah penalti usai Luke Shaw handball.

Alexis Mac Allister yang maju sebagai eksekutor bisa mengecoh David de Gea untuk bikin gol di menit ke-90+9. Skor 1-0 untuk Brighton mengakhiri pertandingan.

Kekalahan ini bikin MU tertahan di peringkat keempat dengan 63 poin. Untuk Brighton, mereka naik ke urutan keenam dengan 55 angka.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim sama-sama bermain terbuka.Tim tamu hampir saja unggul cepat di menit ke-2. Umpan terobosan Bruno Fernandes menjangkau Antony yang menusuk ke kotak penalti. Namun, tembakan Antony di depan gawang justru masih melebar.

Dua menit berselang giliran Brighton yang membuang peluang emas. Kaoru Mitoma bisa menyerobot umpan Victor Lindelof ke Aaron Wan-Bissaka. Tembakan keras Mitoma masih menghantam kepala David de Gea.

Jual beli serangan terus terjadi. Mitoma beraksi lagi lewat tusukan dari sisi kiri pada menit ke-13. Sepakannya di antara kepungan pemain MU tapi juga melebar.

MU tak mau kalah menekan. Marcus Rashford punya ruang dari sudut sempit untuk melancarkan tembakan keras pada menit ke-28. Jason Steele tampil prima dengan bisa menepis bola.

Steele kembali beraksi beberapa saat berselang. Kali ini, ia bisa membendung tembakan Diogo Dalot menuntaskan skema sepak pojok MU.

Steele masih jadi tembok kukuh yang sulit ditembus MU. Anthony Martial terbebas usai melakukan kombinasi dengan Fred. Tembakannya dengan gemilang bisa ditepis Steele.

Tak ada gol yang tercipta hingga turun minum. Skor masih 0-0 di babak pertama.

Selepas jeda, Brighton sedikit lebih dominan dalam penguasaan bola. Meski demikian, lini belakang MU tampil solid hingga tuan rumah sulit bikin peluang.

Setan Merah sempat mencuri peluang dari Bruno Fernandes pada menit ke-68. Sepakannya dari tepi kotak penalti lagi-lagi bisa diamankan Steele.

Beberapa saat kemudian Casemiro mencoba lewat tembakan jarak jauh. Usahanya juga masih melambung.

Kedua kubu memburu gol kemenangan di sisa laga. Solly March melewati beberapa pemain MU pada menit ke-84. Sayang tembakannya melebar.

De Gea bikin penyelamatan di akhir laga. Ia bisa membendung tembakan jarak dekat Pervis Estupian setelah terjadi kemelut di kotak penalti dari sepak pojok.

Namun setelah itu petaka hadir untuk MU, Luke Shaw handball di kotak penalti saat kemelut tersebut hadir. Wasit menunjuk titik putih setelah melihat VAR.

Allister yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Ia mencetak gol di menit 90+5.

Brighton menang 1-0 usai wasit meniup peliut panjang usai gol tersebut.

Susunan Pemain

Brighton: Jason Steele; Adam Webster, Lewis Dunk, Pervis Estupinan; Julio Enciso, Billy Gilmour (Levi Colwill 75'), Moises Caicedo, Kaoru Mitoma; Alexis Mac Allister; Facundo Buonanotte (Solly March 63'), Danny Welbeck (Deniz Undav 75').

Manchester United: David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Luke Shaw, Diogo Dalot; Casemiro, Fred (Marcel Sabitzer 76'); Antony (Jadon Sancho 78'), Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial (Wout Weghorst 84').





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Brighton Vs MU: Setan Merah Tumbang Akibat Penalti di Menit Akhir"