Hagia Sophia

16 June 2023

Beberapa Manfaat Daun Sirsak dan Cara Mengolahnya

Foto: Getty Images/(c) by Cristóbal Alvarado Minic

Manfaat daun sirsak telah menjadi perhatian banyak peneliti dan penggemar kesehatan. Pasalnya, sirsak (buah dan daunnya) mengandung banyak antioksidan termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid.

Kandungan tersebut membuatnya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Di sini, kita akan bahas seputar manfaat daun sirsak. Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Daun sirsak mengandung banyak nutrisi yang digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Berikut merupakan beberapa kemungkinan dari manfaat daun sirsak:

1. Membantu Mengontrol Peradangan
Dilansir dari artikel Stylecraze yang ditinjau secara medis oleh Madhu Sharma, RD dan Swathi Handoo, MSc (Bioteknologi), daun sirsak bermanfaat untuk membantu mengontrol peradangan.

Sejalan dengan studi tahun 2018 oleh Siti Mariam Abdul Wahab, dkk, yang telah mengidentifikasi lebih dari 117 senyawa dalam daun sirsak yang memiliki sifat anti inflamasi.

Ekstrak daun sirsak bermanfaat dalam meredakan kondisi peradangan seperti:
  • Sistitis
  • Rematik
  • Ruam kulit
  • Nyeri rematik
  • Disentri
  • Malaria
Selain itu, daun sirsak juga diklaim bisa menyembuhkan bisul, lesi, luka terbuka, dan edema (hampir tidak ada toksisitas) pada penelitian terhadap tikus.

Ekstraknya menunjukkan sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penyembuhan luka pada studi tikus. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek anti-inflamasi dari daun ini.

2. Membantu Mengobati Insomnia dan Meredakan Stres
Secara tradisional, daun sirsak telah lama digunakan untuk mengobati insomnia. Pasalnya, daunnya memiliki aktivitas relaksan otot polos yang berperan sebagai obat penenang.

Dalam jurnal Asian Pacific Journal of Tropical Medicine tahun yang diunggah oleh Yahaya Gavamukulya, mengungkapkan bahwa mengkonsumsi segelas teh daun sirsak dapat membantu meredakan stres.

3. Membantu Mengelola Gejala Diabetes
Daun sirsak juga bermanfaat dalam mengatur gejala diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah.

Penelitian tahun 2014 oleh Ngueguim Tsofack Florence, dkk, yang dimuat National Library of Medicine menyatakan bahwa pemberian harian 100 mg/kg ekstrak sirsak encer pada tikus menunjukkan kontrol glikemik yang kuat.

Pasalnya, studi tersebut menunjukkan bahwa daun sirsak membantu meningkatkan metabolisme glukosa.

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut
Manfaat daun sirsak bisa membantu melindungi serta meningkatkan kesehatan mulut, karena bersifat bakterisida (antibakteri) dan fungisida (antijamur).

Dalam studi tahun 2016 yang dilakukan oleh BH Mithun Pai, dkk, dari Manipal College of Dental Sciences, Manipal University, India, mengungkapkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat digunakan melawan mikroba mulut sampai batas tertentu.

Strain (tipe kerusakan atau kondisi ketika seseorang mengalami cedera) ditemukan menyebabkan periodontitis, gingivitis, dan penyakit mulut lainnya.

Dalam penelitian tersebut juga dilakukan eksperimen laboratorium yang melaporkan efek antimikroba dari daun. Efek antimikroba paling ampuh melawan jamur Candida albicans.

Dengan demikian, hasil itu menunjukkan potensi manfaat rebusan daun sirsak dalam mengobati gangguan mulut.

5. Membantu mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker
Daun sirsak diyakini memiliki sifat anti-kanker. Dikutip dari laman Verywellfit, teh graviola atau teh yang terbuat dari daun sirsak dipercaya dapat mengobati, mencegah, bahkan menyembuhkan kanker.

Namun, saat ini belum ada bukti kuat untuk mendukung klaim tersebut. Walaupun studi pendahuluan menunjukkan bahwa sirsak memiliki potensi kemopreventif dan terapeutik, tapi tidak ada hasil konklusif sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan.

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat

Cara terbaik untuk menggunakan daun sirsak adalah diolah dengan menjadi teh. Berikut adalah tips dan cara mengolah daun sirsak untuk obat:

  1. Jika menggunakan daun sirsak utuh, pakai 2-3 lembar daun sirsak untuk satu hingga dua cangkir teh
  2. Siapkan panci berisi air mendidih
  3. Masukkan daun sirsak ke air dan biarkan mendidih setidaknya selama 10 menit
  4. Saring daunnya sebelum disajikan

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak

Disebutkan bahwa daun sirsak juga memungkinkan dapat menyebabkan efek samping. Berikut merupakan beberapa efek samping dari teh atau rebusan daun sirsak:
  • Berisiko menyebabkan disfungsi neuron (sel saraf) pada mereka dengan sindrom Parkinson, karena mengandung alkaloid.
  • Menurunkan tekanan darah yang terlalu banyak. Sehingga, orang yang menggunakan obat tekanan darah juga harus menghindari daun ini.
  • Adanya kemungkinan efek samping yang ditimbulkan membuat kita perlu menanyakan kepada dokter atau ahli medis jika mau mengkonsumsi dan mengetahui dosis yang aman.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Manfaat Daun Sirsak Serta Cara Mengolah dan Efek Sampingnya"