Hagia Sophia

16 June 2023

Dokter di Sri Langka Berhasil Keluarkan Batu Ginjal Seberat 801 Gr

Batu ginjal terbesar sedunia (Foto: Sri Lanka Army Defenders of the Nation)

Dokter di Sri Lanka berhasil mengeluarkan batu ginjal dari seorang pensiunan tentara berusia 62 tahun. Batu ginjal itu diklaim sebagai yang terbesar di dunia, lantaran memiliki berat mencapai 801 gram. Angka tersebut lima kali lebih berat dari rata-rata ginjal pria.

Batu ginjal milik pria bernama Canistus Coonge ini memiliki panjang hingga 13,37 cm. Sementara umumnya, batu ginjal berukuran besar yang ditemukan memiliki panjang sekitar 10-12 cm.

"Pengangkatan batu ginjal terbesar dan terberat di dunia melalui operasi besar terjadi pada 1 Juni di Rumah Sakit Angkatan Darat Kolombo," kata militer dalam sebuah pernyataan, dikutip dari South China Morning Post.

Melalui stasiun televisi lokal Swarnavahini, Coonge mengaku mengalami sakit perut sejak 2020. Berbagai obat yang diminumnya tak kunjung membuahkan hasil.

"Saya kemudian melakukan pemeriksaan dan dianjurkan untuk menjalani prosedur operasi," ujar Coonge.

Kasus Sri Lanka ini telah melampaui kasus ginjal terbesar yang sebelumnya tercatat 620 gram dari seorang pasien di Pakistan pada 2008 menurut Guinness World Record.

"Hal terpenting bagi kami adalah ginjal berfungsi normal meskipun ada batu ini," kata ahli bedah militer K Sutharshan.

Terkait Batu Ginjal

Batu ginjal adalah endapan padat yang berasal dari zat kimia dalam urine. Ukuran batu ginjal sendiri sebenarnya bervariasi, mulai dari sekecil butiran pasir hingga belasan sentimeter seperti yang dialami Coonge.

Diet, kelebihan berat badan, beberapa kondisi medis, dan suplemen serta obat-obatan tertentu merupakan penyebab batu ginjal. Kondisi ini dapat memengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih, mulai dari ginjal hingga kandung kemih. Seringkali, batu terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Angkat Batu Ginjal Terbesar di Dunia, Bobotnya 801 Gram"