Hagia Sophia

16 June 2023

Ini Kata Kemenkes RI Terkait COVID-19 Masuk Fase Endemi

Ilustrasi pandemi COVID-19 di Indonesia. (Foto: Grandyos Zafna)

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi menyebut Indonesia sudah berhasil mengatasi kegawatan pandemi COVID-19 sehingga saat ini statusnya transisi ke endemi.

"COVID-19 itu di kita, sudah turun dari kacamata definisi epidemiologi menjadi endemi karena sudah lebih terkendali tapi masih menjadi masalah penyakit," kata dr Nadia saat ditemui di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (15/6/2023).

Status endemi diterapkan setelah melihat risiko penyakit sudah tidak seberat pada awal kemunculan COVID-19. Meski ancaman infeksi masih ada, tetapi sudah bisa dikendalikan.

Selain itu, dr Nadia menegaskan COVID-19 tidak hilang tetapi diperlakukan sebagai 'penyakit endemi' lainnya seperti HIV dan malaria.

Terkait yang disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai status COVID-19, ke depannya yang akan dicabut adalah Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Sebagai Respons Pandemi COVID-19.

"Karena COVID sudah bukan PHEIC, makanya negara boleh menetapkan situasi negaranya endemi atau tidak," beber dr Nadia.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jokowi Putuskan RI Masuk 'Endemi' COVID-19, Kemenkes Beberkan Alasannya"