Hagia Sophia

16 June 2023

Viral Batu Ginjal Terbesar di Dunia, Ini Keluhan Pengidapnya

Batu ginjal terbesar sedunia (Foto: Sri Lanka Army Defenders of the Nation)

Baru-baru ini heboh seorang dokter di Sri Lanka mengangkat batu ginjal dari seorang pensiunan tentara bernama Canistus Coonge. Batu ginjal tersebut memiliki berat mencapai 801 gram, diklaim sebagai yang terbesar di dunia.

Batu ginjal milik pria berusia 62 tahun ini memiliki panjang 13,37 cm. Umumnya, batu ginjal berukuran besar paling sering ditemukan berukuran sekitar 10-12 cm.

 Coonge mengaku merasakan sakit perut sejak 2020. Berbagai obat yang diminumnya tak kunjung meredakan gejala yang dirasakannya.

"Saya kemudian melakukan pemeriksaan dan dianjurkan untuk menjalani prosedur operasi," ujar katanya, dikutip dari South China Morning Post.

Sebagai informasi, batu ginjal adalah endapan padat yang berasal dari zat kimia dalam urine. Ukuran batu ginjal sendiri sebenarnya bervariasi, mulai dari sekecil butiran pasir hingga belasan sentimeter seperti yang dialami Coonge.

Kondisi ini dapat memengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih, mulai dari ginjal hingga kandung kemih. Seringkali, batu terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

"Hal terpenting bagi kami adalah ginjal berfungsi normal meskipun ada batu ini," kata ahli bedah militer K Sutharshan.

Lebih lanjut, batu ginjal milik Coonge juga telah melampaui kasus batu ginjal terbesar yang sebelumnya tercatat 620 gram dari seorang pasien di Pakistan pada 2008 menurut Guinness World Record.

"Pengangkatan batu ginjal terbesar dan terberat di dunia melalui operasi besar terjadi pada 1 Juni di Rumah Sakit Angkatan Darat Kolombo," kata militer dalam sebuah pernyataan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Geger Batu Ginjal Terbesar di Dunia, Ini Gejala yang Dikeluhkan Pengidapnya"