Hagia Sophia

16 June 2023

Berikut Ini 9 Titik Refleksi Kaki dan Manfaatnya

Foto: Jan Romero/Unsplash

Pijat refleksi di kaki diyakini tak sama dengan pijatan biasa. Lantaran pijatan ini menekankan pada sejumlah titik refleksi tertentu di kaki yang berkhasiat bagi berbagai masalah kesehatan khusus.

Mengutip laman Verywell Health, refleksi kaki adalah terapi pijat yang berpusat pada gagasan bahwa titik-titik tekanan di kaki terhubung langsung ke organ dan anggota tubuh lain.

Terdapat anggapan yang menyatakan bahwa energi dalam tubuh berhubungan satu sama lainnya melalui medan elektromagnetik. Adapun refleksi kaki diduga mampu membersihkan jalur yang lebih baik antar organ dan medan energi tubuh lainnya

Pijatan pada titik-titik refleksi di kaki dikatakan juga bisa bantu memecah kristal asam laktat yang menghentikan aliran energi. Lantas, di mana saja titik refleksi kaki ini berada?

9 Titik Refleksi Kaki

Refleksi di kaki diketahui terdapat sejumlah titiknya. Menurut pengobatan Tiongkok tradisional atau Traditional Chinese Medicine (TMC), titik-titik ini terhubung kepada area tubuh yang berbeda.

Berikut sembilan titik refleksi kaki yang terhubung ke anggota dan organ tubuh tertentu sebagaimana dirangkum dari situs Verywell Health:
  1. Ujung jari kaki: kepala atau otak
  2. Jari kaki bagian tengah: wajah dan sinus
  3. Bagian bawah jari kaki: gigi, gusi, dan rahang
  4. Pangkal jari kelingking kaki: leher
  5. Sisi luar kaki: lengan, siku, lutut, dan kaki
  6. Sisi dalam kaki: leher, batang otak, kelenjar timus, dan kandung kemih
  7. Sisi luar pergelangan kaki: punggung bagian bawah
  8. Sisi dalam pergelangan kaki: kelenjar getah bening, saluran tuba falopi, dan selangkangan.
  9. Bagian tengah atas kaki: paru-paru, dada, payudara, punggung atas, dan pinggang

5 Manfaat Refleksi Kaki

Titik refleksi kaki yang terhubung dengan anggota dan organ tubuh lainnya mampu memberikan khasiat apabila diberi tekanan pijat. Melansir dari laman Healthline, berikut manfaat pijat pada titik refleksi kaki:

1. Sebagai Relaksasi
Manfaat utama dari pijat refleksi di kaki adalah memberikan relaksasi dan manajemen stres. Refleksi bantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, mengurangi stres dan kecemasan, serta menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa dicapai dengan memijat titik tertentu di kaki yang telah disebutkan.

Sebuah studi tahun 2015 juga menyebutkan manfaat pijat refleksi dapat mengurangi stres dan mendorong relaksasi secara umum. Selain itu, refleksi memungkin untuk menghentikan pola gaya hidup tidak baik yang berulang dengan membantu sistem tubuh kembali ke kondisi alami (semulanya).

2. Meredakan Nyeri
Sebagaimana efeknya pada relaksasi, pijat refleksi juga berguna dalam meredakan nyeri. Studi menemukan bahwa refleksi kaki mengurangi rasa sakit secara signifikan setelah bedah transplantasi ginjal dan operasi histerektomi perut.

Pijat refleksi juga efektif dalam mengurangi nyeri kronis. Terbukti dari hasil studi tahun 2019, di mana refleksi bisa mengurangi rasa sakit dan kecemasan di antara anak-anak dengan nyeri kronis.

3. Membantu Pencernaan
Dustin Martinez, seorang dokter kiropraktik di Los Angeles menyebutkan pijat refleksi bantu memperbaiki pencernaan. Ketika titik refleksi kaki yang terhubung ke bagian perut diberikan stimulasi tekanan maka akan meningkatkan aliran darah ke perut, sehingga membantu pencernaan dengan baik.

4. Mengendurkan Otot Mata
Titik refleksi kaki juga bisa bantu mengendurkan otot mata tegang yang disebabkan melihat layar gadget dalam menjalani aktivitas harian.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur
Karena refleksi membantu relaksasi dan mengurangi stres, maka kualitas tidur malam juga bisa ditingkatkan sehingga lebih nyenyak. Studi tahun 2020 menyebutkan kualitas tidur orang yang menerima pijat refleksi meningkat secara signifikan.

Selain manfaat, pijat refleksi juga punya efek samping yang bersifat sementara seperti lesu, mual, pusing, dan emosi yang kuat. Refleksi juga tidak cocok untuk semua orang. Bagi sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu, pijatan ini bisa menimbulkan masalah peredaran darah, encok, keseleo, hingga lecet kulit.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Titik Refleksi Kaki Ini Punya Banyak Manfaat Kesehatan, di Mana Saja?"