Hagia Sophia

16 June 2023

Tips untuk Membuat Pipi Terlihat Tirus yang Mudah dan Efektif

Ilustrasi cara meniruskan pipi. Foto: Getty Images/miniseries

Pipi yang berisi sebenarnya tidak menjadi masalah dan terkadang malah terlihat lucu dan imut. Namun sebagian orang merasa tidak percaya diri dengan pipi gembul, sehingga memilih yang lebih tirus.

Dalam tulisan kali ini akan dibahas beberapa cara meniruskan pipi yang efektif dan mudah. Simak penjelasannya hingga selesai, ya.

8 Cara Meniruskan Pipi yang Efektif dan Mudah

Tidak perlu melakukan operasi, beberapa langkah di bawah ini bisa kamu praktekkan sekarang juga. Berikut 8 cara meniruskan pipi yang dikutip dari situs Healthline.

1. Lakukan Senam Wajah
Cara meniruskan pipi yang pertama adalah dengan rutin melakukan senam wajah. Latihan ini bisa memperbaiki penampilan wajah, menunda penuaan, dan meningkatkan otot yang ada pada wajah. Bahkan jika kamu lakukan secara rutin, senam wajah dapat mengencangkan otot wajah dan membuatnya tampak lebih tirus.

2. Lakukan Latihan Kardio
Seringkali lemak yang terdapat di pipi adalah hasil dari kelebihan lemak pada tubuh. Maka secara tidak langsung, orang yang menjalani program diet menguruskan badan juga akan mengurangi lemak di pipi.

Latihan kardio atau aerobik dapat meningkatkan detak jantung dan sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk mulai rutin latihan kardio selama 150-300 menit setiap minggu untuk mendapatkan tubuh lebih ramping dan pipi yang lebih tirus.

3. Minum Lebih Banyak Air Putih
Cara meniruskan pipi paling sederhana adalah memastikan tubuh mendapat konsumsi air putih yang cukup. Air putih sangat penting untuk kesehatan manusia secara keseluruhan dan bisa membantu mengurangi lemak berlebih di tubuh.

Studi kesehatan menjelaskan bahwa air putih dapat membuat manusia merasa lebih kenyang yang tentunya akan membantu penurunan berat badan. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu menstabilkan metabolisme dalam tubuh.

4. Batasi atau Berhenti Konsumsi Alkohol
Asupan alkohol yang berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab terbesar penumpukan lemak dan perut kembung. Alkohol pada dasarnya mengandung kalori kosong yang tidak memiliki nutrisi penting.

Konsumsi alkohol berlebihan juga dapat mempengaruhi hormon, rasa lapar, dan nafsu makan. Bahkan konsumsi alkohol seringkali dikaitkan dengan peningkatan risiko penambahan berat badan, penumpukan lemak hingga obesitas.

5. Kurangi Karbohidrat Olahan
Cara meniruskan pipi berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat olahan. Contohnya kue, kerupuk, dan pasta yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan penumpukan lemak.

Karbohidrat olahan pada dasarnya sudah melalui banyak proses. Artinya, proses ini dapat mengurangi nutrisi dan seratnya yang bermanfaat bagi tubuh. Akhirnya hanya menyisakan gula dan kalori yang kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

6. Dapatkan Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup adalah salah satu strategi penurunan berat badan yang sangat penting bagi tubuh. Hal ini juga dapat membantu menghilangkan lemak pada wajah.

Seorang yang kekurangan jam tidur dapat berisiko mengalami peningkatan hormon stres kortisol. Kadar kortisol yang tinggi bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan manusia.

7. Kontrol Asupan Natrium
Sumber utama natrium bisa didapatkan di garam meja. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan meningkatkan risiko kembung, yang kemudian membuat wajah bengkak.

8. Konsumsi Makanan Tinggi Serat
Cara meniruskan pipi berikut ini juga merupakan rekomendasi populer untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan banyak konsumsi makanan yang tinggi serat. Serat merupakan zat dalam makanan nabati yang tidak diserap tubuh apabila dikonsumsi.

Makan lebih banyak serat larut dapat mengurangi berat badan dan lingkar pinggang. Sekalipun kamu tidak diet, namun tetap konsumsi makanan tinggi serat, itu akan mengurangi kadar lemak di tubuh kamu.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Cara Meniruskan Pipi Tanpa Operasi dan Obat, Efektif serta Cukup Mudah"