Hagia Sophia

14 June 2023

Kasus Pria Obesitas 300 Kg Dipantau Ketat, Sempat Gagal Ginjal

Pasien obesitas asal Tanggerang dengan BB 300 kg ditangani di RSCM. Foto: Atta Kharisma/detikHealth

Beberapa waktu terakhir, beredar video pria obesitas asal Tangerang diangkut menggunakan forklift saat hendak dievakuasi ke rumah sakit. Pria tersebut adalah Muhammad Fajri, pria dengan bobot tubuh 300 kg yang kini sedang ditangani di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Dikabarkan, Fajri sempat mengalami gagal napas.

Sebelumnya, Fajri sempat dibawa ke RSU Kota Tangerang, kemudian dirujuk ke RSCM. Setibanya di RSCM, Fajri dalam kondisi sadar penuh dan bisa berkomunikasi. Namun, ia mengalami kelelahan pasca evakuasi.

Pihak RSCM melaporkan, Fajri direncanakan bakal menjalani sejumlah prosedur perawatan untuk menstabilkan kondisi. Fajri membutuhkan ventilasi mekanik karena mengalami kondisi gagal napas. Imbasnya, Fajri tidak bisa bernapas dengan sendirinya.

"Pasien sudah dalam penanganan RSCM dan proses observasi agar bisa direncanakan prosedur perawatan lanjutan bagi pasien. Di antaranya ventilasi mekanik menggunakan ventilator untuk membantu pernapasan sementara, pemantauan ketat tanda vital tekanan darah, pernapasan, saturasi oksigen dan laju nadi, teropong saluran napas untuk evaluasi ada dahak yang tersumbat atau tidak," terang pihak RSCM dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (13/6/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, pasien Fajri juga direncanakan akan menjalani pemeriksaan hormon insulin, hormon tiroid, dan gula darah untuk diketahui kondisi obesitasnya. Selain itu, pihak RSCM juga berencana melakukan pemeriksaan alirah darah ke kepala oleh dokter saraf, untuk mengetahui apakah ada penurunan suplai darah ke otak, dibarengi pemberian obat topikal untuk infeksi di kulit.

Di RSCM, Fajri ditangani oleh tim dokter multi-disiplin keilmuan, di antaranya Anestesiologi dan Perawatan Intensif, Respirologi, Endokrin-Metabolik, Gastro-Enterologi, Kardiologi, Ilmu Penyakit Dalam, Bedah Digestif, Bedah Vaskuler, Urologi, Neurologi, Psikiatri, Dermatologi Venerologi, Rehabilitasi Medik, Gizi Klinik, dan tim tenaga kesehatan lainnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria Tangerang Obesitas 300 Kg Dipantau Ketat, Sempat Alami Gagal Napas"