Hagia Sophia

14 June 2023

RSCM Sebut Pria dengan Obesitas 300 Kg Merupakan Kasus Langka

Konferensi pers kasus obesitas ekstrem di RSCM (Foto: Dinda Zahra Ghaisani Usdi/detikHealth)

Tim dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membeberkan kondisi terkini Fajri, pria obesitas 300 kg di Tangerang. Fajri disebut mengalami kondisi yang cukup langka dan termasuk kasus obesitas luar biasa yang ditangani RSCM.

Plt Direktur Utama RSCM, dr Lies Dina Liastuti menyebut kondisi Fajri saat dibawa ke RSCM lebih parah dibandingkan Aria Permana, bocah asal Karawang, Jawa Barat yang beberapa tahun silam juga mengalami obesitas ekstrem.

"Ini lebih berat ya kondisinya karena datang sudah dengan kondisi yang sesak napas dan komplikasinya lebih banyak. Aria itu lebih ringan, sehingga tidak butuh banyak alat perawatan," kata Lies saat membeberkan kondisi terkini Fajri di RSCM, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023).

Lebih lanjut, Lies mengatakan RSCM menyiapkan ruangan khusus untuk menangani Fajri karena tidak bisa dirawat di tempat tidur biasa. Fajri juga disebut mengalami gangguan organ pasien sehingga dibutuhkan observasi secara detail untuk memastikan kondisi yang dialami pasien.

Saat dirujuk ke RSCM, kondisi Fajri memang cukup parah, terutama di bagian pernapasan maupun luka di sekujur tubuh akibat terbatasnya ruang gerak karena obesitas. Pasien juga dilaporkan sudah tidak bisa tidur terlentang karena bobot tubuhnya yang ekstrem.

"Kita juga kesulitan untuk menangani karena memasukkan suatu alat ke tubuh juga tidak mudah karena menembus dari otot yang begitu tebal dan dari pembuluh darahnya juga ternyata memerlukan alat khusus yang harus kita beli sendiri," tutur Lies.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "RSCM: Kasus Obesitas Fajri dari Tangerang Lebih Parah dari Aria Permana"