Hagia Sophia

14 June 2023

Usai Dinyatakan Mati Otak, Keluarga Donorkan Organ Park Soo Ryun

Aktris Park Soo Ryun meninggal dunia karena mati otak. (Foto: Instagram @su.ryon_p)

Aktris drama Snowdrop Park Soo Ryun ditemukan tak sadarkan diri di tangga rumahnya, Minggu (11/6/2023). Setelah sempat ditangani di fasilitas kesehatan, Park Soo Ryun dinyatakan meninggal dunia karena mati otak.

Pihak keluarga sangat berduka atas kepergian Park Soo Ryu. Keluarga sepakat untuk mendonasikan organ vital dari tubuh sang aktris, termasuk jantungnya.

"Hanya otaknya yang tidak sadarkan diri, dan jantungnya masih berdetak," katanya dikutip dari Soompi, Selasa (12/6).

Ibu dari Park Soo Ryun mengatakan donor organ ini dilakukan sebagai penghormatan terakhir untuk putrinya. Menurutnya, Park Soo Ryun akan bahagia jika organ tersebut diberikan kepada orang yang membutuhkan.

"Pasti ada seseorang yang membutuhkan [organ tubuh Park Soo-ryun]," ujar ibunya.

"Sebagai ibu dan ayahnya, kami bisa hidup dengan nyaman [mengetahui bahwa jantungnya] telah diberikan ke seseorang dan berdetak," lanjutnya.

Dikutip dari laman UW Health, kematian otak terjadi pada pasien yang telah mengidap cedera parah pada otak. Sebagai akibat dari cedera, otak membengkak dan menghalangi suplai darah.

Hal itu menyebabkan jaringan otak mati dan hilangnya fungsi otak secara permanen. Kematian otak ini bersifat permanen dan tidak dapat diubah.

Meski begitu, organ vital seperti jantung, paru-paru, hati, pankreas, dan ginjal bisa tetap hidup selama beberapa hari. Ini bisa terus hidup jika mendapat dukungan atau perawatan mekanis dari medis.

Jantung memiliki kemampuan untuk berdetak secara mandiri, selama otak masih memiliki oksigen. Namun, semua sistem tubuh secara bertahap akan berhenti bekerja, termasuk jantung, setelah kematian otak.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alasan Keluarga Donorkan Organ Park Soo Ryun Pasca Dinyatakan Mati Otak"