Hagia Sophia

20 August 2023

Beberapa Tanda Masalah Jantung yang Picu Ibu Tewas Mendadak Usai Lomba

Foto: ilustrasi/thinkstock

Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Jambi dengan inisial nama DW (39) mendadak meninggal dunia sesaat setelah mengikuti lomba balap karung. Mengacu pada laporan polisi, DW diduga meninggal karena kelelahan.

Sesaat setelah mencapai garis finish, DW masih sempat berjalan di antara kerumunan. Namun mendadak ia tumbang dan tergeletak di tanah. Ia sempat dievakuasi oleh warga. Namun ketika tiba di Puskesmas Tamiai, DW ditemukan sudah tidak bernyawa.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Vito A Damay, SpJP, menjelaskan, ada kemungkinan ibu tersebut meninggal bukan karena kondisi kelelahan, melainkan memang memiliki riwayat masalah jantung yang tidak diketahui sebelumnya.

Pasalnya, aktivitas fisik berat seperti balap karung dapat memicu kondisi penyakit jantung yang mungkin sudah ada namun tidak disadari, terutama jika orang yang menjalaninya tidak pernah melakukan pemeriksaan medis.

"Pada usia muda, penyakit jantung bawaan dan masalah irama jantung sering menjadi penyebab utama, sementara pada usia yang lebih lanjut, serangan jantung akibat sumbatan pembuluh darah koroner lebih dominan. Faktor risiko seperti obesitas dan hipertensi juga sering ditemukan dalam kasus-kasus seperti ini," terang dr Vito kepada detikcom, Sabtu (19/8/2023).

Tanda-tanda Masalah Jantung, Salah Satunya Gampang Engap

Lebih lanjut dr Vito menjelaskan, kondisi mudah lelah atau cepat engap tanpa alasan yang jelas terutama saat melakukan aktivitas yang seharusnya terasa ringan bisa jadi merupakan tanda masalah sistem kardiovaskular.

Beberapa gejala atau tanda masalah jantung dan pembuluh darah bisa berupa:
  • Mudah lelah
  • Kesulitan bernapas atau sesak nafas, terutama saat berbaring
  • Nyeri atau tekanan di dada, yang bisa menyebar ke lengan, rahang, atau punggung
  • Pusing atau pingsan
  • Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau perut
  • Denyut jantung yang tidak teratur
"Memang gejala-gejala di atas bisa disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan lainnya. Jadi, sangat penting untuk medical check up bahkan sebelum merasakan gejala-gejala tersebut," pungkas dr Vito.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Tanda Masalah Jantung, Diduga Picu Ibu Tewas Mendadak Habis Balap Karung"