Hagia Sophia

20 August 2023

Dokter Paru Ungkap Agar Tetap Fit Saat Polusi Meningkat

Warga Jakarta menghadapi polusi udara. (Foto: Pradita Utama)

Permasalahan polusi di beberapa wilayah khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya tengah menjadi sorotan. Kualitas udara dan tingginya polusi udara dikhawatirkan bakal memicu beragam masalah pernapasan pada masyarakat. Tak hanya pada mereka yang memang memiliki riwayat penyakit pernapasan, melainkan juga mereka yang selama ini sehat-sehat saja.

Orang-orang dengan riwayat penyakit asma lebih rentan mengalami perburukan kondisi pernapasan di tengah situasi polusi udara yang memburuk beberapa waktu terakhir ini. Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh pengidap asma agar terhindar dari efek buruk tingginya polusi akhir-akhir ini?

Dokter spesialis paru dr Erlang Samoedro, SpP(K) menegaskan, mengurangi aktivitas di luar ruangan adalah langkah yang terbaik.

"Kita harus tahu dulu berapa ancaman di luar, kenali dulu lingkungan kita seberapa parah polusinya. Ketika tinggi, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kita terpapar dengan polutannya," ucap dr Erlang dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (19/8/2023).

Ia mengatakan apabila pengidap asma terpaksa harus keluar rumah di kala polusi tengah tinggi, penggunaan masker sangat dianjurkan. Masker yang digunakan dapat mengurangi polutan yang masuk ke dalam tubuh.

"Kemudian ketika kita harus terpaksa keluar rumah, pakai masker. Maskernya yang mana? Yang paling baik itu N95, tapi kalau nggak ada bisa pakai masker bedah," jelasnya.

"Apapun maskernya itu akan mengurangi polutan yang masuk ke dalam tubuh kita," sambung dr Erlang.

Selain penggunaan masker untuk mencegah polutan, dr Erlang mengatakan bahwa memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga dapat membantu tubuh terbebas dari polusi.

"Juga perbanyak konsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Seperti sayur dan buah. Itu untuk mengurangi dan menetralisir polutan-polutan yang masuk ke tubuh kita," ujar dr Erlang.

"Dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur tubuh kita bisa mengeliminasi racun yang masuk ke dalam tubuh kita," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Yang Engap Merapat! Dokter Paru Ungkap Jurus Tetap Fit saat Polusi Ugal-ugalan"