Hagia Sophia

20 August 2023

Ibu Ini Meninggal Karena Serangan Jantung Usai Ikut Lomba Balap Karung

Seorang ibu di Jambi (39) meninggal dunia sesaat setelah mengikuti lomba balap karung. Foto: Tangkapan layar video

Seorang Ibu Rumah Tangga (39) di Kerinci, Jambi, dengan inisial nama DW meninggal dunia sesaat setelah mengikuti lomba balap karung. Terlihat pada video viral yang beredar di media sosial, DW sempat tertawa saat mencapai garis finish. Namun sesaat kemudian, ia tumbang.

Kapolsek Batang Merangin, Iptu Julisman, melaporkan DW meninggal sekitar pukul 16.30 WIB. Muncul dugaan, DW meninggal dunia akibat kelelahan setelah melaksanakan lomba balap karung.

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Vito A Damay, SpJP menjelaskan, ada kemungkinan kematian pasca lomba balap karung tersebut bukan hanya dipicu oleh kondisi kelelahan, melainkan juga riwayat penyakit jantung yang sudah ada, namun tak disadari oleh ibu tersebut.

"Aktivitas fisik berat dapat memicu kondisi penyakit jantung yang mungkin sudah ada namun tidak disadari, terutama jika seseorang belum pernah melakukan pemeriksaan medis," terang dr Vito kepada detikcom, Sabtu (19/8/2023).

"Pada usia muda, penyakit jantung bawaan dan masalah irama jantung sering menjadi penyebab utama, sementara pada usia yang lebih lanjut, serangan jantung akibat sumbatan pembuluh darah koroner lebih dominan. Faktor risiko seperti obesitas dan hipertensi juga sering ditemukan dalam kasus-kasus seperti ini," sambungnya.

Lebih lanjut dr Vito mengingatkan, melihat kejadian pada video viral tersebut, penting untuk masyarakat menjalani skrining kesehatan. Pasalnya, aktivitas fisik yang berat bisa memicu kondisi penyakit jantung, yang sebenarnya sudah ada sejak lama namun tak disadari.

"Menurut American Heart Association, sangat dianjurkan untuk melakukan skrining kesehatan jantung saat berusia 20 tahun. Setelah memasuki usia 30 tahun, penting untuk menjalani pemeriksaan medis rutin, termasuk EKG, Foto X-Ray Thorax, dan pertimbangkan pemeriksaan treadmill test bila diperlukan," bebernya.

"Meski Anda merasa sehat dan tanpa gejala, pemeriksaan tersebut penting untuk mendeteksi dini penyakit jantung dan pembuluh darah," pungkas dr Vito.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dialami Ibu di Jambi usai Lomba Balap Karung, Dokter Jantung ungkap Pemicu Tewas Mendadak"