Hagia Sophia

31 August 2023

Ditemukan Cacing Hidup dalam Otak Wanita Ini

Foto ilustrasi: Getty Images/janiecbros

Ngeri, ada cacing hidup di dalam otak seorang wanita berusia 64 tahun dari New South Wales, Australia. Adapun kasusnya itu diterbitkan dalam Jurnal Emerging Infectious Diseases milik Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Pada tahun 2021, wanita tersebut awalnya mengalami berbagai gejala, termasuk sakit perut, diare, berkeringat di malam hari, dan batuk kering. Ia pun memutuskan pergi ke rumah sakit untuk mengecek kondisinya.

Saat dicek, dokter awalnya menyimpulkan wanita tersebut mungkin mengidap pneumonia atau infeksi pada paru. Namun setelah diberi obat, wanita tanpa disebutkan identitasnya itu justru mengalami perburukan gejala.

"Pertama, demam dan batuk terus-menerus pada tahun 2021, kemudian depresi dan pelupa pada tahun 2022," demikian bunyi studi tersebut.

Mendadak Jadi Sering Pelupa, Ternyata Ada Cacing Hidup di Otak Wanita Ini Foto: Tangkapan layar viral

Dokter melakukan pemindaian otaknya dan menemukan ada lesi yang memerlukan biopsi. Namun, selama operasi, mereka menemukan sesuatu benda panjang seperti tali.

"Ketika mereka mengeluarkannya, mereka menyadari bahwa itu adalah cacing gelang parasit hidup berukuran 3 inci, yang pertama dari jenisnya yang pernah dilaporkan pada manusia," kata studi tersebut.

Jenis cacing itu adalah ophidascaris robertsi, biasanya ditemukan pada ular piton karpet. Meskipun pasien tidak pernah melakukan kontak langsung dengan ular, dia kerap mencari sayuran liar di dekat rumahnya, yang dikenal sebagai sayuran Warrigal atau bayam Selandia Baru, untuk dimasak.

Dokter menduga larva cacing tersebut keluar melalui kotoran ular piton dan kemudian dikonsumsi oleh wanita tersebut melalui sayuran, tangan, atau peralatan dapur yang terkontaminasi.

Pasien tersebut akhirnya diberi obat untuk membunuh larva lain yang mungkin hidup di organ tubuhnya. Menurut laporan The Guardian, perhatian ekstra harus diberikan karena pasien tersebut adalah orang pertama yang dirawat imbas spesies cacing gelang ini.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mendadak Jadi Sering Pelupa, Ternyata Ada Cacing Hidup di Otak Wanita Ini"