Hagia Sophia

31 August 2023

Beberapa Minuman Ini Diyakini Punya Manfaat untuk Perpanjang Umur

Foto: Shutterstock

Banyak orang mendambakan hidup panjang umur. Bahkan seringkali kita mendengar cerita, ada orang-orang yang hidupnya bisa mencapai usia lebih dari 100 tahun. Di balik usianya itu, ada gaya hidup sehat di antaranya berkenaan dengan asupan makan.

Beberapa negara di eropa dan asia timur terkenal dengan masyarakat yang memiliki umur panjang. Menurut data World Population Review 2023, terdapat 10 negara yang memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia, seperti Hong Kong, Jepang, dan Swiss.

Di Jepang misalnya, teh hijau menjadi teh ramuan yang biasa diminum masyarakat sampai usia tua. Sebuah studi di Jepang mengatakan bahwa ternyata teh hijau bisa membuat hidup lebih lama. Sampai saat ini, teh hijau sudah terkenal sebagai minuman antioksidan yang menangkal berbagai penyakit.

Dikutip dari longevity.technology, deretan minuman ini juga memiliki manfaat untuk memperpanjang usia:

Air Putih

Tubuh terdiri dari 60 persen air sehingga untuk memastikan setiap sistem berfungsi dengan baik, kebutuhan tubuh akan hidrasi harus terpenuhi. Menurut laporan kesehatan Harvard Medical School, air membantu pencernaan, membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel Anda, mengeluarkan bakteri dari kandung kemih, melindungi organ dan jaringan, dan menjaga keseimbangan elektrolit (natrium).

Sebaliknya, kondisi kekurangan asupan air putih bisa menyebabkan penyakit batu ginjal, masalah pencernaan dan sebagainya.

Teh Hitam

Teh hitam memiliki manfaat serupa dengan teh hijau yang mengandung kafein dan antioksidan (polifenol, L-theanine, dan flavanol). Zat-zat inilah yang membuat teh hitam diyakini ampuh untuk memperpanjang usia. Orang yang rutin minum teh hitam menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, kanker, stroke, dan penyakit jantung. Selain itu, orang yang suka minum teh hitam memiliki kesehatan pencernaan yang lebih baik dibandingkan yang tidak suka.

Kopi

Umumnya, kopi mengandung kafein yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Namun, kafein yang terlalu banyak juga berdampak buruk bagi penikmat kopi.

Kopi bisa memperpanjang umur karena kaya akan vitamin B5 (membantu produksi sel darah merah), mangan (membantu perkembangan tulang dan metabolisme), magnesium (penting untuk energi dan kualitas tidur), potasium (membantu menurunkan tekanan darah) dan niasin (mengubah vitamin menjadi energi). Mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker, depresi, liver, dan diabetes tipe 2.

Jus Cranberry

Jus cranberry dengan rendah kalori dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Cranberry mengandung zat polifenol dan antioksidan yang melawan peradangan dan mengurangi kemungkinan terkena masalah jantung. Selain itu, minuman ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, B6 dan E yang meningkatkan kesehatan tubuh.

Namun juga perlu diketahui, jus ini tak boleh dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak. Agar tak malah memicu risiko penyakit gula, pastikan jenis jus cranberry yang diminum tidak mengandung tinggi gula ya!

Jus Tomat

Salah satu penyebab utama penuaan pada tubuh adalah peradangan. Jika dibiarkan dapat membuat berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, kanker, diabetes, radang sendi, dan penyakit usus.

Tomat merupakan salah satu makanan yang dapat melawan peradangan karena kandungan likopen yang terbukti menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, tomat kaya akan beta-karoten, vitamin C dan E, serta antioksidan lainnya. Sebaiknya, cobalah buat jus tomat sendiri agar kandungan gulanya dapat dikontrol.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wajib Tau! 5 Minuman yang Diyakini Ampuh Bikin Hidup Panjang Umur"