Hagia Sophia

31 August 2023

Pakar Kesehatan: Polusi Udara Jakarta Bikin Anak-anak Kena Asma dan ISPA

Foto: Pradita Utama

Anak-anak merupakan salah satu kelompok paling rentan terkena penyakit di tengah polusi udara Jabodetabek yang buruk dalam beberapa waktu terakhir. Sebagaimana dilaporkan oleh dokter anak, mengacu pada praktiknya, memang ada peningkatan kasus pasien anak dengan masalah pernapasan beberapa hari terakhir.

Hal itu diungkapkan oleh dokter spesialis anak dr Kurniawan Satria Denta, M,Sc, SpA. Menurutnya, anak-anak sebenarnya memang dekat dengan risiko penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) lantaran bakteri dan virus ada di mana-mana dan tak mungkin sepenuhnya dihilangkan.

"Bisa jadi hubungannya dengan kondisi karena anak gampang terkena infeksi tergantung lingkungan. Bakteri, virus, parasit di mana-mana. Kita nggak mungkin menghilangkan 100 persen. Biasanya yang buat anak tidak sakit ketika badannya cukup kuat," ungkapnya dalam webinar, Selasa (29/8/2023).

Namun kini seiring memburuknya kualitas udara, dr Denta yang berpraktek di Jakarta menyoroti ada peningkatan jumlah pasien anak dengan keluhan gangguan pernapasan. Seperti apa keluhan yang paling banyak muncul?

"Bagaimana kita bikin mereka bisa fit untuk menangkal serangan bakteri virus? Secara general kalau mereka napas saja engap-engapan karena ada asap dan partikel debu dan sebagainya. Jadi memang kalau dikatakan ada peningkatan, ya memang ada peningkatan," bebernya.

"Nggak cuma ISPA, kalau pasien-pasien saya kasus asma kumat juga muncul lagi. Yang biasanya terkendali dengan baik, sudah jarang kumat, tiba-tiba kumat lagi. Atau kasus-kasus rinitis juga mulai kumat lagi. Jadi orang tua perlu memperhatikan benar-benar tanda di Air Quality Index," pungkas dr Denta.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Ungkap Polusi Udara Jakarta Bikin Anak-anak Kena Asma dan ISPA"