Hagia Sophia

22 August 2023

Mendadak Banyak Dicari, Benarkah Tanaman Hias Ampuh untuk Tangkal Polusi?

Tanaman penangkal polusi. (Foto: Atta Kharisma/detikHealth)

Kondisi udara di Jakarta dan sekitarnya belakangan menjadi sorotan. Dalam beberapa hari terakhir, Ibu Kota diselimuti polusi yang meresahkan masyarakat.

Berbagai cara pun dilakukan untuk menekan dampak polusi. Misalnya, dengan meletakkan tanaman di ruangan guna membersihkan udara. Pasalnya, beberapa tanaman hias dikenal mampu menyerap kotoran dan membersihkan udara dalam ruangan.

Lantas, apakah polusi udara membuat penjualan tanaman hias makin laris?

Arjun, salah seorang penjual tanaman hias di kawasan Jakarta Selatan, mengaku polusi udara tidak mendongkrak penjualan tanaman hias.

"Kalau peningkatan nggak ada, untuk penjualan tanaman yang ada malah penurunan," ungkapnya saat ditemui detikcom, Senin (21/8/2023).

"Walaupun udara di Jakarta dikatakan kotor, nggak ada pengaruh," sambungnya.

Hal yang tidak jauh berbeda disampaikan Ardab, penjual tanaman hias di kawasan Ragunan.

"Biasa saja sih, nggak ada (peningkatan)," imbuhnya.

Tanaman Pembersih Udara

Meski tidak merasakan peningkatan penjualan, Ardab mengatakan memang ada jenis tanaman spesifik yang dibeli untuk membersihkan udara dalam ruangan.

"Kalau yang sudah tahu biasanya (beli) Sansevieria, lidah mertua," ucapnya.

Menurut Ardab, tanaman lidah mertua kerap menjadi pilihan banyak orang untuk menyerap udara kotor di dalam rumah, selain juga bisa menjadi pemanis taman atau sekadar hobi mengoleksi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Disebut Ampuh Tangkal Polusi DKI, Tanaman Hias Mendadak Banyak Diincar?"